Food Trend
Tak Lagi Salah Simpan

19 Jul 2013


Ah, siapa yang tidak kesal bila rencana membuat brownies ternyata gagal karena tepungnya bau tengik. Belum lagi rasa kecewa saat mendapati kacang almond yang disimpan rapi di rak dapur menjadi ‘sarang’ kutu. Heran, mengapa bahan makanan masih saja rusak, walau sudah disimpan dengan apik?

Penyebab kerusakan bahan makanan bisa bermacam-macam: karena mikroba, kapang, jamur, bahan kimia, dan suhu penyimpanan yang tidak tepat. Selain itu,  karena tiap bahan makanan memiliki karakteristik yang berbeda. Ini turut memengaruhi cara penyimpanannya agar kualitasnya tetap terjaga. Ada yang harus disimpan dalam suhu rendah, misalnya di dalam freezer (-10° C) atau di kulkas (± 4° C). Ada pula yang justru awet bila berada di ruangan yang sejuk (15°- 20° C) atau suhu ruang (25°-28° C). Agar tak lagi salah simpan, kenali cara simpan 20 bahan makanan berikut ini.

Tepung
Bila kemasan belum dibuka, simpan tepung di dalam suhu ruang. Sisa tepung  bisa dipindahkan ke dalam wadah kedap udara, tidak terkena cahaya, dan kering, dengan suhu penyimpanan yang sama. Cara ini menjaga kondisi tepung tetap baik hingga 6 bulan. Bila ingin umur simpan yang lebih lama, simpan tepung di dalam freezer. Sifatnya yang mudah menyerap uap air dan bau membuat tepung rentan berjamur, berbau tengik, menggumpal, dan menjadi ‘sarang’ kutu. Menyimpan di dalam wadah tertutup adalah syarat mutlak penyimpanannya. Bila Kemasan belum dibuka, simpan di suhu ruang untuk sisanya, pindahkan ke wadah kedap udara, tidak terkena cahaya, tetap di suhu ruang.

Manfaat: Menjaga kondisi tepung tetap baik hingga 6 bulan. Untuk umur simpan yang lebih lama boleh simpan di dalam freezer.

Kopi

Yang paling menggoda dari secangkir kopi panas adalah aromanya. Namun, sifatnya yang mudah menyerap bau, membuat aromanya mudah rusak. Simpan kopi di dalam wadah gelap untuk melindunginya dari oksidasi akibat paparan cahaya, sehingga mencegah berubahnya rasa dan aroma kopi. Tutup rapat kemasannya setelah digunakan.

Manfaat: Selain menjaga aroma tetap ‘terkunci’, juga menghindari gumpalan karena adanya udara yang diserap oleh kopi. Jangan menyimpan di freezer, sebab suhu rendah akan membuat lemak kopi akan mengkristal. Lemak ini akan mencair dan terpisah dari kopi, sehingga mengurangi aroma khasnya. Cukup simpan di ruangan yang sejuk dengan sirkulasi udara yang baik. Cara ini juga berlaku untuk penyimpanan

Gula
Gula pasir dan tepung gula mudah menggumpal karena bersifat mudah menyerap uap air. Maka, simpan gula di dalam kemasan kedap udara, kedap cahaya, kering, dan sejuk. Pastikan kemasan tertutup rapat setelah digunakan, sebab gula juga dapat menyerap bau di sekitarnya. Simpan di dalam suhu ruang. Bila disimpan di dalam freezer, kualitasnya bisa tetap terjaga hingga 2 tahun.

Teh
Tiap jenis teh memiliki umur simpan yang berbeda. Teh bunga mempunyai umur simpan kurang dari 1 bulan. Teh hitam bisa mencapai 2 tahun, sedangkan teh hijau kurang dari satu tahun. Untuk menjaga kualitas teh hingga masa akhirnya, simpan di dalam kemasan kaleng atau kemasan laminat aluminium yang memiliki perekat. Wadah kedap cahaya dan udara mampu menjaga kondisi teh tetap kering.

Manfaat: Cara ini juga bisa menghindari aroma teh rusak karena sifatnya yang mudah menyerap bau. Bisa juga menambahkan penyerap uap air (silica gel) ke dalam kemasan agar teh tetap kering. Ideal disimpan di dalam ruangan yang sejuk. Dengan cara ini, khasiat dan kualitas teh tetap terjaga, umur simpannya juga bisa lebih panjang.

Saus dan bumbu cair
Tidak semua saus dan bumbu cair harus disimpan di kulkas. Jenis yang bisa disimpan di dalam kulkas antara lain black bean sauce, saus sambal, saus hoisin, dan saus tiram. Sedangkan jenis saus yang bisa disimpan di dalam lemari dapur bersuhu ruang antara lain hot chili oil, cuka beras, minyak zaitun, minyak wijen, kecap ikan, kecap manis, dan saus BBQ siap pakai. Hindari paparan cahaya dan panas secara langsung agar tidak timbul reaksi oksidasi pada produk. Sejak kemasan dibuka, saus dan bumbu masih bisa bertahan  2 minggu hingga 6 bulan. Jangan gunakan bila timbul jamur atau bintik putih (khamir) di permukaan mulut botol, warna berubah lebih gelap, dan kekentalan berkurang. Bumbu yang dikemas di dalam kaleng (pasta tomat), bisa disimpan di lemari dapur. Produk yang kemasannya sudah dibuka masih bisa bertahan 2-3 minggu, bila dipindahkan ke dalam kemasan bertutup rapat, lalu simpan di dalam kulkas.

Kacang-kacangan
Tempat penyimpanan yang kering, bebas paparan cahaya, dan kedap udara, bisa menjaga kadar air dalam kacang tetap rendah (7%-14%). Kualitas kacang tetap terjaga selama 6 bulan, bila disimpan di dalam suhu ruang. Bila suhu lebih tinggi, kacang mudah berbau tengik dan ditumbuhi jamur. Suhu yang lembap  juga bisa mengundang kutu dan serangga pemakan kacang. Bila ingin umur simpan kacang lebih panjang, simpan di dalam freezer.

Telur
Sebelum disimpan, cuci bersih telur dengan air. Sebab, kotoran ayam yang tertinggal mengandung bakteri salmonella, dan bisa masuk serta merusak telur lewat pori  kulitnya. Jangan menyimpan telur yang berkulit retak, karena bakteri mudah masuk dan merusak kualitas telur. Telur yang dijual dalam  kemasan karton sebaiknya tetap simpan  di dalam wadahnya. Kemasan karton  dapat melindungi penguapan air dari dalam telur melalui pori  kulitnya. Simpan di dalam kulkas agar kualitasnya terjaga  4-6 bulan.

Tip: Jika telur akan digunakan untuk membuat adonan kue, keluarkan dari kulkas dan biarkan hingga suhunya turun sesuai dengan suhu ruang.

Garam

Kandungan yodium pada garam mudah rusak bila terpapar cahaya. Maka, ada baiknya simpan garam di dalam wadah kering yang kedap cahaya. Sering kali kita mendapatkan garam dalam keadaan basah dan menggumpal. Ini dikarenakan sifatnya yang mudah menyerap air di udara. Usahakan wadahnya tertutup rapat setelah digunakan. Garam cukup disimpan di dalam suhu ruang yang sejuk.

Cokelat
Cokelat cukup disimpan di suhu ruang. Hindari ruang simpannya dari paparan cahaya langsung, sebab cokelat akan mudah meleleh sehingga cita rasanya berkurang. Bila masih ada sisa setelah digunakan, bungkus rapat dengan plastik. Cokelat bisa bertahan hingga 18 bulan. Jangan simpan di dalam kulkas, sebab akan timbul bercak putih di permukaan cokelat yang disebabkan oleh terpisahnya lemak cokelat.

Tip: Untuk semua sisa cokelat, selalu bungkugs rapat dengan plastik lengket.

Susu
Berbeda jenis susu, berbeda pula perlakuannya. Namun, apapun jenisnya hindari mengonsumsi susu yang sudah berubah warna, rasa dan aroma.

Susu cair pasteurisasi harus disimpan di dalam kulkas, walau kemasannya belum dibuka. Masa simpannya singkat, yaitu 7-21 hari.
Susu cair sterilisasi bisa disimpan di suhu ruang, bila kemasan belum dibuka, dan harus disimpan di dalam kulkas bila kemasannya sudah dibuka. Masa simpannya bisa mencapai 6 bulan.
Susu bubuk yang paling mudah penanganannya. Cukup simpan di wadah kedap udara, kedap cahaya, di dalam suhu ruang, dan bertahan hingga 6-12 bulan. Penyimpanan di dalam freezer bisa meningkatkan umur simpannya. Hindari mengonsumsi susu yang sudah berubah warna, rasa, dan aroma.(f)





 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?