Food Review
Tajamnya Kopi Celebes

10 Aug 2012


Nama Phoenam di bilangan Wahid Hasyim, Jakarta, telah membesarkan nama kopi Makassar, dan kebiasaan kongkow para prianya di antara bergelas-gelas kopi tubruk celebes. Sebuah tradisi yang bertahan dari kedai aslinya di Makassar, mashyur sejak 1946, peninggalan almarhum Liang Thay Hiong yang berkongsi dengan kerabatnya, Thay Phen Liong.

Seiring dengan transformasi kopi sebagai sahabat kalangan muda urban, kedai yang memiliki arti ‘persinggahan Selatan’ itu pun bersolek lewat waralaba terbarunya dalam setting interior yang minimalis di area Casablanca, Jakarta. ‘Warkop’ ini berkembang dari kedai seadanya yang penuh sesak menjadi lebih modern dan nyaman disinggahi para wanita. 

Sudah suratan bahwa tingginya acid yang membuat rasa kopi begitu asam dan pekat, untuk dikawinkan dengan susu kental manis. Tiada pengunjung yang dicap peminum awam kala memesan kopi susu ini, karena justru inilah jawara racikan Phoenam. Di segelas Kopi Susu Phoenam Spesial, jumlah kopinya bahkan diperbanyak, dan susu pun seakan tak sanggup menyembunyikan tajamnya kopi Indonesia Timur itu.

Sandingi dengan manisnya roti bakar atau roti goreng yang dioles srikaya tenar racikan Phoenam. Untuk siang hari, boleh juga ditemani sajian khas Makassar, yakni Mie Titi dan Nasi Goreng Merah. (TN)

Alamat: Jl. KH Abdul Syafei Kav.4. Telp: (021) 83781526.  Jam buka: 07.00-23.00 WIB. Harga: Rp8.000 (teh Phoenam tawar) –Rp19.000 (kopsus Phoenam spesial) (belum termasuk pajak 10%). Suasana: Lapang ber-AC. Area smoking berada terpisah di teras.  



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?