Money
Tabungan Bersama, Pentingkah?

15 Dec 2011

T: Saya mengajak calon suami saya untuk membuka rekening bersama. Tapi, dia menolak. Apa sebenarnya plus dan minus dari tabungan bersama? Apakah kalau ada tabungan bersama, masing-masing dari kami tidak perlu mempunyai rekening pribadi lagi?

J: Mungkin calon suami Anda menolak, karena ia belum merasa ‘perlu’ atau nyaman dengan kondisi kalian belum menikah. Ingat, masalah finansial merupakan hal yang cukup sensitif untuk sebagian orang. Tabungan bersama banyak plusnya, bila dilaksanakan dengan keinginan kedua belah pihak.

Tentu perlu ada diskusi terlebih dahulu mengenai jumlah uang dari masing-masing pihak untuk rekening tersebut dan apa saja fungsi dari dana dalam tabungan bersama tersebut. Contoh fungsi tabungan bersama adalah pengeluaran rutin keluarga (pembayaran listrik, air dan lainnya), dana sosial (sumbangan anggota keluarga sakit, kematian), dana untuk tujuan tertentu keluarga (liburan tahunan, renovasi rumah dan sebagainya).

Keunggulan utama dari tabungan bersama adalah kenyamanan kedua belah pihak bahwa mereka ‘sharing’ tanggung jawab dalam hal keuangan. Keunggulan kedua, karena kegunaan dari dana tersebut secara transparan dapat dimonitor oleh suami dan istri, argumen yang sering terjadi di keluarga mengenai berapa dana yang dipakai dan ke mana pemakaiannya, dapat tereliminasi, minimal berkurang. Dan masih banyak keunggulan lainnya, seperti tingkat disiplin dan komunikasi yang lebih baik antara suami istri mengenai keuangan keluarga.

Di sisi lain, ada tambahan pekerjaan administrasi. Anda atau suami perlu melakukan rekonsiliasi setiap bulan. Setiap tanggal tertentu Anda dan suami harus disiplin mengisi tabungan bersama tersebut, kemudian berbagai pengeluaran setiap bulannya perlu dicatat dan dicocokkan dengan anggaran. Walaupun Anda dan suami kelak mempunyai rekening bersama, masing-masing dari kalian disarankan untuk tetap memiliki rekening pribadi. Ini berfungsi untuk tabungan pribadi masing-masing untuk berbagai rencana dan hobi, misalnya modal untuk buka bisnis patungan dengan teman, pembelian seperangkat alat pancing baru dan hadiah perkawinan untuk suami. (f)

Konsultan: Lilis Setiadi


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?