Sex & Relationship
Sulit Menghapus Luka

27 Sep 2013


Sulit mengenyahkan pikiran bahwa suami pernah berselingkuh dan berhubungan intim dengan wanita lain. Saya masih mencintainya dan ingin punya anak, namun ingatan itu membuat gairah saya hilang. Saya tidak berani berdiskusi dengan orang dekat.

Prita – Jakarta

Menurut psikolog Monty Satiadarma, memang tidak mudah menerima kenyataan yang tak sesuai harapan. Peristiwa perselingkuhan sudah terjadi dan tidak bisa disangkal bahwa kejadian tersebut merupakan bagian realitas. Satu-satunya cara adalah menerima realitas yang tidak menyenangkan sebagai bagian dari hidup. Namun, jika secara rasional hal ini dapat ditinjau seperti itu, belum tentu demikian halnya secara emosional. Pasalnya, Anda merasa tersakiti dan selama  rasa sakit tersebut belum dapat teratasi, hal itu tentu akan mengganggu gairah Anda.

Berusaha mengenyahkan pikiran sama saja dengan berupaya menyangkal. Makin Anda mengupayakan,  pikiran tersebut akan makin menetap. Dalam konteks psikologi, ada dikenal istilah letting go, atau --kalau secara awam-- bisa kita katakan biarkan saja berlalu. Jika Anda mampu melakukan hal ini, banyak pengalaman negatif dalam hidup dapat Anda atasi  dengan amat sederhana.

Ada sebagian orang yang dengan mudah melakukan letting go ini, sedangkan sebagian lainnya, proses ini juga tidak terlalu mudah. Tetapi, tidak ada salahnya Anda mencoba letting go, atau mungkin ada baiknya juga Anda mencoba berkonsultasi dengan psikolog di lingkungan hidup Anda.(f)




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?