Home Interior
Sudut Kerja

13 Feb 2013



Tidak peduli Anda seorang wanita karier, wirausaha, pekerja paruh waktu atau sepenuhnya ibu rumah tangga, Anda butuh sudut kerja, dimana Anda bisa berkonsentrasi mengerjakan hal-hal terpenting berkaitan dengan pekerjaan utama Anda. Bahkan untuk para ibu rumahtangga ada istilah pocket office, dimana para ibu mengurus tumpukan bon-bon, membayar tagihan dan membuat perencanaan bulanan, memeriksa PR anak dan hal-hal lain berkaitan dengan tulis menulis. Sepertinya namanya  sudut kerja ini biasanya mungil dan sangat boleh jadi menyatu dengan meja dapur, nyempil di ruang makan atau ruang keluarga.


Kantor Virtual
Internet telah mengubah gaya hidup kita. Kini banyak interaksi bisnis cukup dilakukan virtual melalui telepon, chatting, skype-ing atau email. Konsep sudut kerja atau  kantor di rumah tidak lagi memperhitungkan besarnya, namun justru kelengkapan perangkat komunikasi : laptop, computer desktop, telepon, smartphone dan sebagainya plus tentu saja sambungan internet yang bisa diandalkan.  Efektivitas kerja kita ditentukan oleh berbagai gadget ini.

Ada baiknya  budget untuk sudut kerja Anda dihabiskan untuk perangkat  komunikasi terpenting ini, ketimbang membeli meja atau lemari buku yang mahal.. Tapi pastikan juga kursi kerja Anda nyaman, karena ini eranya kita senang duduk berlama-lama untuk berselancar di layar komputer.

Tip
Banyaknya perangkat elektronik, artinya akan ada banyak kabel berseliweran yang tak sedap dipandang mata, selain juga berbahaya. Sisihkan budget untuk membeli  ‘rumah-rumah’ kabel yang tersedia di pasar dengan banyak desain sesuai gaya interior sudut kerja Anda.


“Terpisah” Dari Rumah
Menurut para desainer interior, sudut kerja atau home office yang ideal adalah yang ‘terpisah’ dari aktivitas di rumah Anda.  Alasannya  tempat ini harus terhindar dari gangguan agar Anda bisa berkonsentrasi sepenuhnya. Bahkan sangat tidak disarankan sudut kerja diletakkkan di dekat kulkas atau pesawat televisi. Hal ini tidak selalu mudah terwujud, apalagi jika rumah Anda kecil atau berkonsep open space tanpa sekat.

Sebenarnya Anda yang paling tahu mana area yang ‘paling tenang’ di rumah Anda. Membuat sudut kerja di kamar tidur utama salah satu yang banyak disukai. Apalagi jika ruang ini relatif besar sehingga Anda bisa menjauh dari gangguan suara dari pesawat televisi misalnya.  Anda lah yang bertanggung jawab untuk merancang tempat ini untuk menghasilkan kerja yang maksimal, efektif dan efisien. Apapun untuk membuat kerja Anda lebih mudah, lebih cepat selesai  dan lebih baik.


Tip
Tren terbaru adalah ‘menyatukan’ desain sudut kerja atau home office dengan desain interior rumah secara keseluruhan. Bahkan bisa multifungsi, digunakan untuk keperluan lain saat tidak digunakan.



Gaya Personal
Karena ini adalah ‘ruang pribadi’ maka Anda harus merasa nyaman saat berada di tempat ini. Caranya adalah dengan merefleksikan gaya pribadi pada pemilihan furniture dan perlengkapan kerja lainnya. Tempat ini harus menjadi lokasi yang inspiratif untuk menstimulasi kreativitas.

1. Apa yang Anda butuhkan?
Cukup meja, kursi, lampu baca dan rak yang menempel di dinding atau Anda juga  butuh rak buku yang representatif ? Perlukan kursi tambahan untuk menerima tamu? Sebaiknya sudut ini tidak penuh dengan perabotan. Lebih minimal lebih baik.
2. Elemen Arsitektural.
Jika ada budget lebih, pikirkan lebih cermat  soal flooring, dekorasi untuk dinding dan sistem pencahayaan. Jika Anda tidak tahan debu, sebaiknya tidak memakai karpet, biarkan lantai telanjang atau memilih lantai kayu, misalnya.
3. Ciptakan Kenyamanan .
Selain memilih perabotan secukupnya saja, gunakan psikologi warna untuk mencptakan area yang nyaman melalui warna dinding dan pilihan perabotan dan alat-alat kerja, misalnya.
Biru, Hijau  :Tenang
Oranye       :Antusias
Merah         :Enerjik
Putih           :simplicity
Kuning        :optimis, gembira

Tip
Stimulasi visual bisa membuat ide-ide cepat mengalir. Anda bisa menggunakan berbagai medium untuk hal ini. Misalnya memasang white board untuk menulis dan  menempel gambar-gambar yang menarik, foto keluarga yang terpajang di dinding sebagai dekorasi atau frame berisi kata-kata yang menginspirasi. Bunga segar dalam vas, juga bisa menjadi stimulasi visual yang menakjubkan.(f)





 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?