Food Review
Spesialis Brioche

21 Jul 2011

Kafe Ginsco punya gaya beda. Roti yang menjadi bintang utamanya adalah brioche, bukan croissant seperti kebanyakan kafe lain. Mereka cukup pede karena brioche memiliki tempat tersendiri di hati sebagian orang. Roti yang lahir sejak tahun 1404 di Prancis ini terkenal memiliki kandungan mentega melimpah, sehingga cita rasa gurih dari lemak menteganya teramat dalam. Lebih-lebih jika sang koki memilih mentega merek premium. Ahli pastry mendeskripsikannya sebagai persilangan adonan roti dan pastry.

Brioche klasik berbentuk brioche à tête, yakni roti bulat dengan satu roti bulat kecil di puncaknya, ada di sini. Minta koki untuk memanaskannya ulang agar Anda bisa menilai kelezatan brioche dengan adil.  Kala disajikan panas, keharuman aroma mentega akan menyeruak. Teksturnya lembut karena mengandung banyak telur.

Kepala koki berdarah Jerman di dapur Ginsco juga mengembangkan 10 variasi brioche, agar si klasik tak kesepian. Andalannya, Smoked Chicken and Cheese Brioche, berisi daging ayam asap dan mozzarella. Ayam asapnya dibuat sendiri, lho, bukan beli jadi di pasaran, dengan teknik double-smoking (pengasapan ganda) agar aroma asapnya melekat kuat dalam adonan brioche. Potongan mozzarella-nya meleleh saat panas. Hmmm, lekker....

Variasi yang lebih umum adalah Chocolate Brioche, berisi potongan cokelat balok, dan Mexican Brioche, yang bercita rasa moka. Jika orang Prancis senang menyertai brioche dengan teh, Anda bisa mencobanya dengan Lemongrass Hopper, minuman dingin dan segar  dari serai dan daun mint.

Lokasi: CNI Creative Center (C-3) Building, Jl. Puri Indah Blok O-2 No.1-3, Jakarta Barat. Telp: (021) 58303616 Harga makanan*: Rp5.000 – Rp39.000, Cake: Rp10.000 – Rp250.000, Minuman: Rp10.000 – Rp47.000. Jam buka: 07.00 – 22.00 WIB. Suasana: Atmosfer relaks, bisa untuk bersantai lama sembari membuka laptop.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.

BLI. FOTO: DOK. GINSCO CAFE.





 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?