Food Trend
Soda Kue, Efektif Membersihkan dapur

17 Jun 2014


Gelas kaca kusam, bercak pada keramik, hingga panci berkarat kembali bersih berkat sentuhan bahan pangan alami.

Bagi penyuka masak, koleksi peralatan masak dan peranti saji sungguh berharga. Alhasil, perawatan alat dapur –dari sesederhana menjaga kebersihan hingga sesulit mengusir karat-- tentu menjadi prioritas. Tahukah Anda bahwa bahan dapur di sekitar kita ternyata andal dalam melakoni tugas itu semua? Lebih murah, relatif aman digunakan, dan ramah lingkungan (go green). Mau coba?  

SODA KUE

Soda kue aman untuk membersihkan peralatan dapur, karena cepat larut dan mudah dibersihkan. Jika cukup banyak peralatan dapur yang dicuci dan dalam waktu cukup lama, jangan lupa gunakan sarung tangan plastik untuk melindungi tangan dari kontak langsung dengan larutan soda.

Kerak

Tuang air panas ke dalam perabot yang kotor, masukkan 1 sdm baking soda. Diamkan selama satu jam hingga kotoran yang lengket lepas. Gosok menggunakan spons lembut. Bilas dengan sabun pencuci piring dan air bersih.
>> Cocok untuk semua perabot berbahan keramik, stainless steel, dan besi.

Noda
Didihkan 125 ml air yang ditambah 1 sdt soda kue. Matikan api dan diamkan hingga noda memudar. Bilas dengan air bersih.
>> Cocok untuk  wajan antilengket atau grill pan dari besi dan stainless steel.

Noda Kunyit
Masukkan satu cangkir air dan 1 sdt soda kue ke dalam mangkuk blender/food processor. Nyalakan mesin selama 3 menit. Bilas dengan air bersih. Jika noda tak kunjung bersih, rendam air hangat dan biarkan selama 10-15 menit.
>> Cocok untuk blender dan food processor.

Karat
Campur 1 sdm baking soda dengan 5 sdm air hangat. Oleskan ke bagian perabot yang bernoda/berkerak. Diamkan 5 menit. Gosok menggunakan spons lembut. Bilas dengan air hangat. Keringkan.
>> Cocok untuk peranti saji berbahan perak.

ABDUL SYUKUR




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?