Food Review
Soba Nikmat Gaya Tokyo

16 Feb 2016

Dinding dengan lukisan Gunung Fuji mengentalkan suasana Yamatoten Abura Soba. Para koki terlihat sibuk menghangatkan soba buatan dapur sendiri.

Mari berkenalan dengan abura soba atau ‘oil soba’, merujuk pada cara penyajian berbeda dari soba berkuah yang lebih umum ditemui. Anda diharuskan mengaduk soba dengan cuka dan chili oil, seperti pada Abura Soba yang juga bersalut minyak wijen. Potongan berlimpah bawang daun, rebung, rumput laut, dan daging ayam menjadi bahan isi, diakhiri taburan biji wijen putih. Ini berbeda! 
 
Jika telur setengah matang (onsen tamago) dan saus miso pedas dituang pada soba, jadilah Karami Soba. Adukan cepat Anda akan membuat telur hangat ini lekas menyalut helai soba. Soba mengubahnya menjadi creamy, tanpa bantuan krim.

Ritual yang jangan dilupakan: menuang cuka dan chili oil sebanyak dua putaran mangkuk pada kedua hidangan soba di atas. Ini namun tak berlaku pada Umewasabi Soba, soba bercampur wasabi yang disajikan dalam keadaan dingin. Selingi dengan gigitan juicy sebuah gyoza panas!
Sekian minggu lalu sebuah surat elektronik datang dari artis Becky Tumewu, menyampaikan undangan pembukaan Yamatoten di lokasi kedua setelah Pantai Indah Kapuk, diiringi salam hangat sang pemilik, Ian Hendarto. Keduanya tampak sukses menjaga pesan chef Yamamoto untuk menyajikan soba gaya baru ini sebaik mungkin. Terbukti lewat kedatangan femina yang berlainan hari dengan tanggal pembukaan. Pelayanan ramah, soba panas maupun dingin yang mendarat di meja dengan suhu tepat, jumlah bumbu yang terstandardisasi. 

Anda mungkin sedang tak di Tokyo, tapi cara pemasak Jepang dalam menghargai makanan buatannya tertuang di sini. Anda pun bisa mengikuti cara konsumen Jepang kala menghadapi makanan: Fokus, menyantap tanpa sisa sebagai tanda penghargaan, dan abaikan dulu dering handphone!

Alamat: Grand Indonesia East Mall, Lantai LG No. 13&15, Jl. M.H. Thamrin No.1, Jakarta. 
Telp: (021) 23580807. 
Jam buka: 10.00–22.00 WIB. 
Harga*): Rp4.000 – Rp72.000 (belum termasuk pajak 10% dan service charge 5%). 
Suasana: Kedai mi Jepang bertampilan modern.

*)Harga dapat berubah sewaktu-waktu. Cek sebelum bersantap.