Celebrity
SNSD

8 Sep 2013


Girls’Generation (SNSD)

Kesuksesan yang didapat Girls’Generation atau So Nyeo Shi Dae (SNSD) tidaklah mudah. Ketika pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007, banyak yang memandang sebelah mata girl band bentukan SM Entertainment ini. Komentar negatif terus mengalir, mulai dari mengikuti ketenaran Super Junior sampai ada yang mengatakan umur girl band ini tak akan bertahan lama. 

Sekarang, grup yang terdiri dari Tae Yeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Kwon Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun dapat berbangga hati. SNSD tidak hanya menjelma menjadi girl band paling populer di Korea dan Asia. Dengan bakat yang mereka tampilkan, mereka menjadi influencer untuk negara-negara di Eropa, Australia, bahkan Amerika. Girls’Generation dianggap salah satu leader hallyu wave yang sedang melanda seluruh dunia.

Kepopuleran girl band beranggotakan  9 wanita cantik  inilah yang membuat talk show terkenal di Amerika, Late Show With David Letterman, mengundang mereka untuk menjadi bintang tamu dalam acaranya. SNSD juga tampil dalam acara Live With Kelly. Sebuah kesempatan yang sangat berharga untuk mempromosikan album mereka. Para personel SNSD pun tak menyangka kesempatan ini akan datang. Kabarnya, mereka sempat menangis terharu ketika undangan ini disampaikan oleh pihak manajemen.

Sampai saat ini mereka telah merilis 3 album. Album pertama berhasil mencetak rekor dalam sejarah industri musik Korea. Single mereka,  Gee,  bertahan di posisi puncak Chart Music Bank selama 9 minggu berturut-turut dan sampai saat ini belum ada yang bisa memecahkan rekor tersebut. Tidak hanya itu,  tiap album mereka selalu berhasil memberikan penghargaan, mulai dari Korean Music Awards, MNet Asian Music Awards, sampai MTV Video Music Awards Japan.

Grup ini juga mendapatkan penghargaan Korean Pop Cultural and Art Award,  sebuah penghargaan untuk para artis yang memberikan pengaruh signifikan pada   budaya dan dunia seni di Korea. SNSD juga menjadi satu-satunya grup idola yang pernah menerima award ini.

Selain aktif di bidang musik, personel Girls’Generation juga aktif secara individu. Mereka tampil di berbagai serial, variety show, reality show, presenter, serta pemotretan majalah lokal dan luar negeri. Hebatnya, ini semua tidak mengganggu kekompakan mereka. Tak hanya itu, puluhan iklan pun pernah memakai mereka sebagai bintangnya. Mulai dari Samsung, The Face Shop, Christian Dior, Casio, Cartier, sampai Domino Pizza, baik secara grup atau individu.

Tahun 2012, Girls’ Generation juga tercatat sebagai artis terkaya Korea Selatan menurut Forbes Korea. Tahun ini, peringkat mereka turun ke posisi dua karena tergeser PSY. Meski begitu, isi pundi-pundi mereka telah mengalahkan senior mereka, Super Junior. (Ayu Widya S.)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?