Reviews
Sirkuit Mobil-Mobilan

1 Aug 2011

Suara mobil kencang seperti mobil balap Formula One terdengar nyaring ketika Anda mulai memasuki pintu satu, Tennis Indoor, Gelora Bung Karno, Senayan. Siapa menyangka, masuk ke dalamnya, sebuah sirkuit balap mobil berukuran mini dipenuhi belasan orang yang semuanya berkutat dengan remote control.

Mereka justru bukan anak kecil, melainkan orang dewasa berusia 25 tahun ke atas. Kebanyakan pria, tapi ada juga yang wanita. Dari menara pengawas, orang-orang yang menggilai hobi ini seperti tidak bisa mengedipkan mata, memandang arena seluas 300 meter, sambil tangannya mengendalikan mobil-mobil kecil. Sesekali tubuhnya ikut meliuk-liuk mengikuti gerak mobilnya yang nyaris keluar arena sirkuit.

Sirkuit bernama Jakarta Internasional Twin Sirkuit yang dibuka sejak tahun 1998 ini tetap bertahan, karena jumlah penggemarnya tidak pernah menurun. Oding Sodikin, manajer operasional sirkuit, mengatakan, “Pada hari libur, arena sirkuit ini selalu ramai didatangi orang yang hobi radio control, atau biasa disebut RC-ers. Mereka bermain dari pagi hingga malam. Hari biasa pun ada, tapi biasanya di jam makan siang.”

Jika ingin bermain di arena ini, Anda harus memiliki mobil remote control seri on road. Jika belum, di sini dijual berbagai macam remote control, mulai dari seri aero modeling, off road, dan on road, yang dijual dari harga Rp3,5 juta sampai puluhan juta rupiah. Sekadar ingin menonton aksi para ‘pembalap’, boleh-boleh saja.

Melipir sedikit, Anda akan melihat tempat yang dinamakan paddock. Di bawah atap berwarna hijau ini, RC-ers menggelar peralatan radio control mereka, mulai dari body, dinamo, knalpot, sampai metanol yang berfungsi sebagai bahan bakar. Uniknya, setiap RC-ers yang memilki mobil remote control ini  mempunyai satu orang mekanik yang tugasnya mengawasi dan memperbaiki mobil saat rusak, layaknya mobil sungguhan.

Hendra, pengusaha yang baru setahun menggeluti hobi ini, mengatakan, “Tadinya saya hanya iseng main remote control. Setelah mencobanya, saya ketagihan. Saya bela-belain hunting perlengkapan remote control ini sampai ke Singapura dan Hong Kong.”
Jangan ditanya kapan mereka akan pulang saat hari libur. Jika sedang asyik main, satu-dua jam saja tidak akan cukup. Para penggemar remote control ini akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengeset mobilnya agar bisa berlari kencang.

Alamat: Jakarta International Twin Sirkuit, Kompleks Gelora Bung Karno Unit IV. Jalan Pintu Satu, Senayan, Jakarta Pusat.
Tarif: Gratis
Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00-17.00



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?