Food Trend
Simpan dengan Benar

26 Nov 2011

Menyimpan bahan makanan mentah dan bumbu tak bisa sembarangan. Salah menempatkan, bisa-bisa bahan tersebut rusak, berbau, dan terpaksa harus dibuang! Sebagai awalnya, Anda bisa mengikuti sejumlah tip sederhana ini:

1. Siangi dan siapkan bahan-bahan masakan dalam jumlah porsi sekali masak dan simpan dalam lemari pendingin. Jadi, saat Anda akan mulai memasak, tidak perlu repot lagi untuk membersihkan dan menyiapkan bahan-bahannya.

2. Gunakan lebih dahulu persediaan bahan-bahan yang mudah rusak daripada bahan yang tahan lama. Misalnya, olah lebih dahulu kangkung daripada wortel. Atau, gunakan seafood terlebih dahulu dibandingkan dengan daging sapi atau ayam.

3. Untuk bumbu dan bahan-bahan makanan kering yang tahan lama seperti bihun, mi kering, atau teh, belilah dalam jumlah terbatas sesuai kebutuhan. Bila tetap ingin menyimpan dalam jumlah banyak, perhatikan tanggal kedaluwarsanya.

4. Jika ingin memyimpan bahan makanan dalam lemari pendingin, pastikan semua bahan makanan tersimpan pada tempatnya. Mana yang harus disimpan di freezer, di chiller, atau dalam laci lemari pendingin. Penyimpanan tidak pada tempatnya akan berakibat bahan makanan menjadi cepat rusak, busuk, yang akhirnya akan terbuang percuma.

5. Jika bahan makanan harus disimpan dalam lemari pendingin, bagi-bagilah bahan makanan dalam porsi 1 kali memasak. Sehingga bahan makanan tidak cepat rusak karena harus berulang kali mengalami proses pencairan dan pembekuan kembali.

6. Bungkus makanan dalam kantong plastik tahan panas yang warnanya tidak bening, tetapi jangan sampai udara masuk ke dalamnya. Ikat plastik tepat di atas makanan, tanpa ada ruang berlebih.

7. Rekatkan kertas kecil berisi tanggal pembelian bahan-bahan tersebut pada tutup wadah makanan.

8. Rapikan lemari pendingin dan lemari tempat penyimpan sayuran dan bahan-bahan makanan secara rutin, paling tidak seminggu sekali. Terkadang kita sering lupa pada apa yang kita simpan. Selain sayuran tidak sempat rusak, hal ini juga akan mencegah makanan yang disimpan lewat tanggal kedaluwarsanya.

9. Pindahkan sisa pasta, mi kering, aneka tepung dan kacang dari kemasannya yang sudah dibuka ke dalam wadah bertutup rapat. Serangga seperti kutu dapat menyelinap masuk dan bisa merusak.

10. Simpan santan dalam keadaan terpisah dari bahan masakan sejenis opor, lodeh, atau gulai dalam keadaan terpisah. Campur santan ketika makanan dihangatkan lalu dimatangkan. (f)

 



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?