Health & Diet
Sering Nyeri Kepala? Baca Ini!

4 Dec 2011

Sakit yang satu ini bisa bersifat primer/murni (tidak disebabkan oleh keadaan lain). Tapi, bisa juga bersifat sekunder, disebabkan oleh keadaan lain, seperti trauma kepala dan infeksi sistemik.

Jenis dan gejala: 
  • Migrain: Kepala berdenyut berulang (biasanya terpusat di satu sisi kepala atau nyeri kepala sebelah), bisa berlangsung selama 4 sampai 72 jam. Penderita juga jadi sensitif terhadap cahaya, bunyi, atau pergerakan. Bisa pula mengakibatkan mual dan muntah.
  • Vertigo: Sensasi berputar yang disertai mual dan muntah. Bisa pula disertai bunyi berdenging di telinga (tinitus) dan gangguan pendengaran. Berdasarkan definisi ini, maka sebenarnya vertigo tidak masuk dalam kategori nyeri kepala.
  • Nyeri kepala tipe ketegangan (tension type headache, atau TTH): Kedua sisi kepala seperti diremas dengan kencang, tapi tidak disertai gejala lain (tidak mual, muntah, sensitif cahaya, dan lain-lain).   
Penyebab:
  • Migrain: Gangguan fungsi sistem sensor di otak, sehingga penderitanya teramat sensitif terhadap rangsang yang diterima dari lingkungan. Penyakit ini juga bisa dikatakan sebagai penyakit turunan, karena ada satu jenis gen dalam keluarga, CACNA1A, yang menyebabkan familial hemiplegic migraine (FHM). Pencetus migrain bisa  dari hal sederhana –seperti suara orang bicara dan suara kilat--, rasa lapar, stres, kelelahan, kurang tidur, menstruasi, sampai minuman beralkohol dan paparan zat-zat kimia.
  • Tension type headache: Gangguan proses merespons rasa nyeri, sehingga timbul rasa kencang di kedua sisi kepala, namun tidak disertai mual dan muntah. Selama ini, TTH sering disamakan dengan migrain.
Atasi & Cegah:
  • Migrain: Diatasi dulu dengan cara non-obat, yaitu dengan memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat, seperti makan dan olahraga teratur, tidur cukup, tidak mengonsumsi kafein dan alkohol berlebihan. Atasi stres dengan yoga, meditasi, atau hipnosis. Bila setelah semua itu dijalani, namun migrain belum juga mau pergi, barulah diatasi dengan obat.            
  • Tension-type headache: Sama dengan mengatasi migrain. Bila tidak berhasil, dokter akan memberikan obat jenis amitriptyline. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?