Health & Diet
Seriawan Mengganas

14 Jul 2012

Pada dinding dalam mulut Anda terdapat bintik-bintik berwarna putih kekuningan. Jika diraba dengan lidah, bintik ini terasa kasar tapi tidak sakit. Menurut dokter spesialis penyakit dalam, ini adalah sejenis seriawan. Jika tak kunjung sembuh segera periksa ke dokter karena bisa jadi ini jamur atau sejenisnya. 

Yang mungkin dilakukan adalah mengambil sampel jaringan bercak putih kekuningan itu untuk diperiksa di laboratorium. Melalui pemeriksaan sampel, akan dapat diketahui apakah bercak tersebut merupakan infeksi kuman, infeksi jamur, reaksi alergi, atau penyakit lain. 

Pemeriksaan juga dimaksudkan untuk mengetahui apakah bercak itu merupakan tanda awal dari suatu keganasan sel (kanker). Jika benar, maka dengan deteksi dini penyakit tersebut akan dapat ditangani secepatnya dengan tindakan yang paling ringan dan efektif. Namun, tentu saja sebelumnya harus dilakukan pemeriksaan di laboratorium. Tanpa pemeriksaan laboratorium, jenis penyakit yang Anda derita akan sulit didiagnosis dengan benar. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?