Food Review
Serba Nasi di Goeladjawa

26 Jul 2011

Sederhana, unik, dan nyaman menjadi tiga hal yang bisa dijumpai di rumah makan Goeladjawa milik Velia Febrianti, wanita muda asal Kebumen, Jawa Tengah. Lantai semen dibiarkan tak berkeramik, dan dinding berdominasi cokelat berkat sentuhan pajangan dinding dari kain batik, serta furniture kayu berlapis vernis cokelat ringan, memberi suasana ngampung, seperti makan di rumah-rumah sederhana di Jawa.

Sebuah pojokan berisi beragam permainan masa kecil, seperti congklak, halma, hingga bola bekel menggoda pengunjung. Pelajaran membatik pun disediakan oleh Velia dan partner, Jerry Santosa, agar tamu betah ngadem di tempat ini. Pamungkasnya, apa lagi kalau bukan nasi-nasian tradisional khas Jawa persembahan Goeladjawa.

Rupanya, Sego Rawon Bakar jadi primadona. Nasi komplet khas Jawa Timur ini dimasak mengikuti cara asli. Nasi putih, daging sapi, dan bumbu, terutama keluak, dicampur terlebih dulu, lalu dibakar dalam wadah tanah liat. Pantas saja, aroma asapnya kuat. Gurih alami dari daging sapi melekat di lidah.

Jangan puas dulu hanya dengan nasi rawon, masih ada nasi-nasi lain yang bisa mengajak menjelajah keliling Jawa. Ada Sego Liwet Solo, Sego Gandul Pesisir Jawa, hingga Nasi Lengko Cirebon. Dimasak secara tradisional agar terjaga keautentikannya.  

Kalau yang doyan nasi goreng kampung, di sini juga tempatnya. Cita rasa nasi gorengnya benar-benar ngampung. Sarat kecap manis, namun tidak melenyapkan cita rasa gurih dari bumbu dan cabai yang digunakan.

Untuk menghilangkan butiran nasi di kerongkongan, teguk Jus Kemuning Senja. Isinya kolaborasi cantik sirsak, mangga, dan stroberi, tanpa gula. Mau yang hangat?  Minumlah Kopi Joss (kopi hitam plus arang bakar) khas angkringan Yogyakarta!

Penganan lain juga siap menemani. Ada Tahu Gejrot Cirebon dan Es Cendol Karapitan dengan gerobak yang nangkring di dalam resto. Serasa pulang kampung ke Jawa! (BLI)
   
Lokasi: Jl. RS Fatmawati Raya No.19 & 69, SPBU Petronas, Jakarta Selatan. Telp: (021) 7515106. Harga*): Makanan: Rp6.000 – Rp17.000, Minuman: Rp2.000 – Rp6.000 (belum termasuk pajak 10%). Jam buka: 09.30 – 22.00 WIB. Suasana: Resto dengan suasana ala rumah di kampung Jawa.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.

FOTO: DOK.GOELADJAWA.





 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?