Health & Diet
Sehatnya Menari Zumba

27 Apr 2012

Belakangan, orang ramai membicarakan tentang zumba. Mendengar kata ini membuat pikiran melayang pada sekelompok orang yang sedang menari-nari riang. Tidak salah. Tapi, seperti apa persisnya tarian yang satu ini, dan apa yang membuat banyak orang, termasuk para selebritas dunia seperti, Jennifer Lopez, Madonna, dan Vivica A. Fox, getol menekuninya?

Alternatif Populer

Di sebuah studio di daerah Panglima Polim, Jakarta, belasan orang bergerak ke sana-kemari dengan irama musik Latin. Di tengah-tengah lenggok tarian salsa, terlihat juga beberapa gerakan fitness. “Olahraga zumba menggabungkan gerakan fitness dengan tarian Latin, seperti salsa dan merengue, yang dilakukan dalam iringan irama musik Latin,” jelas Jun Ko Agus, instruktur zumba Indonesia pertama yang mendapat sertifikat internasional dari Zumba Fitnees International Company.

Mengambil istilah dari kata zum-zum, yang dalam bahasa Kolumbia berarti gerakan cepat, olahraga ini diperkenalkan oleh Alberto ‘Beto’ Perez, yang kini menjabat sebagai Creative Director Zumba Fitness. Zumba yang berkembang sejak tahun 2001 ini sekarang bukan sekadar alternatif olahraga, tapi juga sudah menjadi tren. Di tanah air sendiri, sudah ada 46 instruktur zumba resmi. Tempat-tempat latihan zumba pun mulai menjamur. Tidak hanya di Jakarta, namun juga di kota-kota lain, seperti Bandung dan Medan.

Sementara itu, program zumba sudah dapat ditemukan di 125 negara.  Lebih dari 12 juta orang dengan berbagai bentuk tubuh dan usia telah merasakan manfaat zumba. Termasuk penyanyi lulusan American Idol, Jordin Sparks, yang hanya dalam tiga bulan berhasil menurunkan berat badannya hingga 13 kg. Dari ukuran baju 14, kini ia makin percaya diri dengan ukuran baju 8.
    
Resep Sehat Zumba 70:30
Gerakan zumba memang terkesan santai, namun tetap tidak dilakukan secara asal. Porsi gerakan yang diadopsi oleh olahraga ini, 70% dansa dan 30% fitness. Saat melakukan zumba, kita tidak akan diajarkan gerakannya terlebih dulu, melainkan langsung mengikuti gerakan instruktur. Namun, menurut Jun Ko, hal itu bukan masalah.

“Dalam zumba, yang terpenting adalah enjoy the music! Lama-kelamaan juga terbiasa,” jelas Jun Ko. Gerakan-gerakan zumba terfokus pada pinggul, pinggang, dan kaki, sehingga bagus untuk pembentukan postur dan lekukan tubuh. Dan akhirnya, postur dan lekukan tubuh yang baik akan membuat kita lebih percaya diri.
Bayangkan, dengan ‘berdansa’ selama satu sesi zumba, yakni satu jam, Anda dapat membakar 400 hingga 1.000 kalori! “Gerakan Zumba yang cepat dan menggunakan banyak energi membuat seluruh tubuh bergoyang, sehingga dapat membakar banyak kalori,” jelas Jun Ko.

Untuk hasil maksimal, Jun Ko menyarankan untuk melakukan zumba 4-5 kali per minggu. “Jika rutin dilakukan, berat badan akan mudah turun,” ungkapnya. Namun, jika hanya untuk menjaga stamina tubuh, 2-3 kali per minggu sudah cukup.

Obat Antistress
“Zumba membuat saya lebih happy.” Itulah yang selalu dikatakan setiap orang setelah mencoba zumba. Irama musik Latin yang sangat eksotis dan penuh energi ini seolah mengajak tubuh untuk langsung ikut bergoyang. Apalagi, jika diselipkan lagu-lagu dance populer, seperti lagu dari Pitbull dan Jennifer Lopez. Alhasil, banyak yang merasa tidak seperti melakukan olahraga.

“Rasanya seperti party di klub. Bedanya, ini sehat, karena tanpa alkohol dan bau rokok,” ungkap Aphrodite Firia (34), yang sudah aktif ber-zumba sejak beberapa bulan lalu. Gerakannya yang unik dan cukup menantang untuk diikuti tidak membuat peserta putus asa atau kesal. Sebaliknya, hal ini justru membuat mereka tertawa. “Kalau menertawakan diri sendiri, itu berarti Anda senang,” kata Laila Munaf, wanita instruktur zumba pertama di Indonesia.

Purry Bawono (29) yang melakukan zumba sejak tahun  2010 sudah menuai manfaat zumba. “Zumba berhasil menghilangkan baby blues saya. Setiap selesai melakukan gerakan zumba, saya jadi lebih ceria dan lebih positive thinking. Pikiran negatif setelah melahirkan anak kedua pun jadi hilang.” Tidak hanya itu, bobot tubuhnya yang sempat melonjak selama hamil telah berhasil turun hingga 15 kg hanya dalam waktu 6 bulan!

Awet Muda Dengan Zumba
dr. Robby Christanto dari Klinik Kecantikan Nujaniv
“Zumba memberi manfaat yang sangat baik untuk tubuh,” ungkap dr. Robby Christanto. Selain dapat membakar kalori,  karena seluruh bagian tubuh bergerak, zumba juga membuat jantung terpacu lebih cepat, sehingga peredaran darah  makin lancar. Dengan begitu, semua kebutuhan tubuh terpenuhi dengan baik. Imunitas pun jadi meningkat.

Zumba juga mengontraksi semua otot. Apalagi dengan zumba toning yang menggunakan marakas atau dumbbell 1 kg. Selain itu, seperti olahraga lainnya, zumba merangsang hormon endorfin yang dapat membuat kita merasa lebih bahagia. Antioksidan dalam tubuh pun terpacu. Alhasil, secara tidak langsung, zumba baik untuk anti aging.

Ayo, Ber-Zumba!
1. Sana Studio
Jl. Panglima Polim V No 38
Jakarta

2. Junko N Crew’s Studio
Gedung Kemang Seven, Lantai 4
Jl.  Kemang Raya No 7
Jakarta

3. Gold’s Gym
Braga City Walk
Jl.  Braga No 99 – 101
Bandung

4. Club de Palace
Jl.  Mustang, Polonia
Medan

5. Bugar Studio
Jl. Samratulangi No 50
Manado

Djamilah
Foto: Bobo Firmansyah (Kontributor)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?