Food Review
Salurkan Hobi, Manjakan Lidah

19 Jul 2011

Anda atau pasangan gemar memancing ikan? Saatnya  Anda tularkan hobi itu pada anak-anak, dengan mengajak mereka untuk pelesir ke Fishing Valley, yang berdiri sejak tahun 2005. Tak hanya tersedia kolam pancing berukuran besar, yang bisa digunakan ramai-ramai dengan pengunjung lain, Anda dan keluarga juga bisa pilih kolam pancing pribadi yang ada di setiap saung. Di sini, waktu Anda untuk santai bersama anak-anak pun bisa lebih lama.

Isi kocek yang harus Anda keluarkan juga tak banyak, cukup Rp25.000 / kg ikan yang Anda dapatkan. Jenis ikannya beragam, dari gurami, patin, hingga nila. Jangan pernah Anda berpikir untuk mengembalikan ikan yang berhasil Anda pancing, ke kolam. Kalau sampai terjadi, isi dompet Anda akan kembali terkuras karena ‘denda’ yang harus Anda bayarkan.

“Kalau anak-anak mulai jenuh, alihkan perhatian mereka sejenak pada kegiatan lain, seperti outbond, giant waterfall (bola air raksasa), bom-bom boats (sepeda air), horse riding, dan wahana motor ATV,” ujar Usi, salah seorang pramusaji di Fishing Valley. Lelah memancing atau bermain, manjakan lidah dengan aneka hidangan resto, yang letaknya di dekat kolam pemancingan besar.

Satu sajian yang patut Anda pilih adalah Gurami Bakar Ala Makassar. Kalau kebetulan Anda berhasil mendapatkan ikan gurami,  Anda bisa, kok, menggunakan gurami hasil pancingan Anda, khusus untuk sajian ini. Dijamin, sensasinya   berbeda dibanding Anda langsung memesannya di resto.

Bumbu ikannya meresap hingga ke bagian dalam ikan. Hasil bakarannya pas, tidak terlampau hangus, jadi kulit ikannya tidak terasa pahit di lidah. Untuk cocolannya, bukan sambal kecap yang biasa mendampingi ikan bakar, melainkan sambal terasi dan sambal mangga. Sambal mangganya berupa campuran mangga indramayu yang diserut kasar, irisan cabai rawit merah, dan irisan bawang merah. Perpaduan cita rasa asam dari cuka masak dan gurihnya susu cair sangat terasa di dalam sambal mangga ini.

Sebagai padanan ikan gurami, sebaiknya jangan lagi memilih  tumis kangkung. Ada Terung Bumbu Balado dan Tempe Bakar, yang juga layak dicicipi. Terungnya tidak langu, tertutupi oleh lumuran bumbu balado yang melimpah. Sangat lezat saat disantap bersama daging ikan. Tempe bakarnya unik dan sedap, karena diselimuti bumbu pedas manis dari sambal terasi dan kecap manis.

Khusus untuk si kecil, Anda bisa pesankan Chicken Wings. Sayap ayam salut tepung yang digoreng kering, sehingga teksturnya terasa renyah. Cocol Chicken Wings ke dalam saus cabai botolan, dan rasakan sensasi hidangan siap saji kesukaan anak-anak. Kalau tidak suka daging ayam, masih ada Udang Saus Lemon, udang salut tepung yang digoreng hingga kecokelatan, dan disantap bersama siraman saus lemon yang berlimpah. Sayang, rasa lemon pada sausnya tipis, jadi tak mampu menutupi rasa udang goreng yang gurih menyengat. Ice Lemon Float yang dingin dan segar menjadi penutup yang pas di tengah teriknya matahari sekitar Bogor.

Lokasi: Jl. Pemda Raya No.107, Bogor. Telp: (0251) 8662 808/ (0251) 8658 722. Harga*): Makanan: Rp4.000 – Rp58.500, Minuman: Rp1.500 – Rp15.000. Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 – 22.00 WIB. Suasana: Resto berupa saung, dengan suasana alam terbuka dan fasilitas kolam pemancingan.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.


BLI
FOTO: FF





 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?