Career
Salary History

22 Oct 2013

Dalam mencari pekerjaan baru sebenarnya berapa persen kenaikan gaji yang bisa diminta dari perusahaan baru?

Berpindah kerja biasanya diikuti dengan kenaikan gaji. Kenaikan gaji yang ditawarkan umumnya sekitar 20%–30%. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan tunjangan atau fasilitas yang Anda dapatkan. Aspek lain yang perlu diperhitungkan adalah range gaji yang berlaku di perusahaan tersebut. Tiap perusahaan sudah memiliki standar tersendiri untuk menentukan range gaji yang akan diberikan berdasarkan jabatan dan beban kerja yang diberikan.
   
Selain itu, pengalaman kerja dan salary history Anda juga akan diperhitungkan. Mereka dengan pengalaman kerja yang lebih lama di bidang yang sesuai, biasanya memiliki kekuatan tawar gaji yang lebih tinggi. Hal ini juga dapat berlaku jika keahlian Anda sangat dibutuhkan oleh perusahaan dan jarang dimiliki. Apabila gaji Anda sebelumnya di bawah range perusahaan, biasanya akan dibuat penyesuaian dulu.

Hayu Prima Indrastuti – Konsultan EXPERD



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?