Food Trend
Salad Thailand

5 Oct 2012



Som Tam/ Som Tum
Serutan daging pepaya muda, buncis, dan kacang tanah jadi meriah berkat pelukan dari saus kecap ikan (nam pla), cabai merah, bawang putih tumbuk, dan air jeruk nipis. Plaa-raa (pasta fermentasi ikan) boleh ditambahkan. Walau salad ini asli Isan (bagian timur laut Thailand), kini beken sebagai jajanan seantero Thailand.

Yam Neua
Kalau Anda makan di kafe, dan menemui pilihan menu populer bernama Thai Beef Salad, ini dia salad-nya! Elemen pentingnya adalah daging sapi tenderloin/ sirloin panggang yang diiris tipis. Daun selada dilibatkan bersama mentimun kampung, wortel, dan wanginya daun ketumbar.
Sausnya terdiri atas bawang putih, cabai merah, air jeruk nipis, kecap ikan (nam pla), dan bawang merah.

Yum Pla-Dook Foo   
Sausnya relatif sama, tapi unik berkat keberadaan ‘pla-dook/ pla-duk’ alias ikan lele. Ikan disuwir dan digoreng dalam tepung bumbu, lantas dicampur mangga muda yang melimpah (tabur mete). Cara tradisional menggunakan lele mulai diganti dengan jenis ikan lainnya. Sayangnya, banyak resto di Thailand sekalipun, tetap menamakannya yum pla-dook foo dan ‘memopulerkan’ kesalahpahaman ini.(f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?