Health & Diet
Sakit Tak Kenal Libur

16 Jun 2011

Rencana liburan sudah dirancang jauh-jauh hari. Izin cuti bekerja berhasil didapat. Daftar tempat dan aktivitas menarik pun telah dirancang matang. Tapi hati-hati, sakit tidak kenal libur. Bisa saja Anda atau keluarga tiba-tiba sakit saat sedang liburan. Berikut beberapa pelajaran penting yang harus Anda ketahui sebelum liburan. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan?

• Membeli asuransi perjalanan adalah langkah bijak. Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi saat berlibur. Biaya berobat bisa jauh di luar kemampuan kita.

• Sebaiknya tanyakan pada pihak asuransi kesehatan, apakah termasuk biaya berobat di negara tujuan. Beberapa negara Eropa mengharuskan pengajuan visa disertai asuransi jenis tertentu. Hal ini untuk mengantispasi mahalnya biaya berobat.

• Berobat ke rumah sakit terdekat tanpa menunggu kembali ke kota asal, yang berjarak tak sampai dua jam adalah langkah tepat untuk mencegah sakit jadi membahayakan tubuh.

• Melakukan perjalanan saat menstruasi tidak masalah, asal kondisi tubuh sehat dan kebersihan badan terjaga.

• Jika Anda membawa anak saat liburan, sebaiknya Anda membawa obat ringan khusus sesuai usia anak. Terutama jika anak memang sering mengalami kejang.

• Jika anak sakit saat perjalanan, tak perlu panik dan mencekokinya dengan obat. Istirahat dan memberinya cukup minum adalah langkah pertama yang perlu dilakukan. Berikan rasa nyaman, misalnya dengan membaluri minyak telon pada tubuh anak.

• Jalan-jalan, meskipun judulnya liburan, sesungguhnya memberi beban bagi tubuh Anda. Saat terlalu lelah, kekebalan tubuh akan menurun, tubuh pun rentan terhadap infeksi. Suhu tubuh meningkat karena berusaha melawan infeksi kuman. (f)




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?