Food Review
Roti Rumahan Prancis

5 Dec 2013


Bagi kalangan urban yang sibuk, mampir ke sebuah coffee shop, membeli sepotong roti dan secangkir kopi adalah ritual pagi. Kenikmatan berbeda namun femina alami di Authentique Bakery. Kehangatan dihadirkan Sophie Boyer, wanita Prancis pemilik boulangerie ini, lewat roti-roti yang ia panggang  tiap pagi. Ia bersama sang suami membaur dengan pelanggan yang sebagian besar  ekspatriat senegara. Suasana rumahan!

Desain nautikal hadir lewat warna putih dan biru. Termasuk pada warna  peralatan makannya. Teras kecilnya diberi aksen atap jerami. Selera apik membuat ruang makan yang sempit terlihat atraktif.

Wangi mentega menyeruak dari croissant. Renyah di bagian luar, namun lembut di dalam, ‘mempertontonkan’ lapisan khas croissant yang sempurna dan aroma mentega kualitas baik. “Resep turun-temurun,” sebut Alexis, putra Sophe yang menemani femina. Termasuk pula country bread seperti sourdough, black bread , dan rye bread.

Pelanggan datang dan pergi untuk membeli baguette buatan Sophie.  Mereka selalu terlibat dalam obrolan singkat. Ada kedekatan antara penjual roti dan pembeli. Gaya yang sangat Parisian.

Pada waktu brunch, femina menemani café au lait dan jus d’orange dengan canelé. Kue dengan eksterior ‘gosong’ ala karamel ini khas Kota Bordeuax. “Mungkin rupanya tak secantik bikinan toko lain, tapi rasanya autentik,” yakin Alexis. Harus sabar memanggang kue dari adonan custard hingga sedikit alot di bagian luar. Bagian dalamnya lembut, berpori besar, berwarna kuning keemasan.

Kue-kue Prancis lainnya ‘ngumpul’ di sini:  financier, galettes, hingga madeleines. Di tengah panasnya Jakarta, koleksi sorbet-nya lekas ludes. Anda beruntung jika bisa menikmatinya, sambil duduk-duduk di ayunan yang ada di tengah boulangerie. (IA)

Lokasi: Jl. Kemang Selatan I No.20. Telp: (021) 7180011. Jam buka: Selasa-Jumat 09.00-17.00 WIB, Sabtu 07.30-17.00 WIB, Minggu  07.30–14.00 WIB. Harga: Rp5.000 – Rp360.000. Suasana: Letak kursi saling berdekatan sehingga tercipta suasana makan yang sangat intim.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?