Health & Diet
Roti Membuat Gemuk?

16 Dec 2011

T: Saya (28) termasuk wanita yang sangat takut gemuk. Apa pun yang saya konsumsi, selalu diperhitungkan agar tidak melebihi kalori yang dibutuhkan per harinya. Namun, ada satu makanan sangat sulit saya hindari, yaitu roti tawar. Setiap pagi, saya selalu sarapan roti tawar plus selai cokelat dan mentega. Apakah kebiasaan itu dapat membuat saya gemuk?

J: Roti tawar dengan selai cokelat plus mentega, jika dimakan dalam jumlah terbatas, tentu tidak mengakibatkan kegemukan. Satu tangkup roti tawar isi cokelat mengandung kira-kira 200-300 kalori. Jumlah kalorinya dapat lebih, dapat juga kurang,  tergantung dari tebal-tipisnya mentega dan selai cokelat.

Yang dapat membuat Anda gemuk adalah apabila Anda makan roti lebih dari satu tangkup pada saat sarapan, sementara Anda makan dengan bebasnya pada saat makan siang dan makan malam. Belum lagi ditambah dengan camilan yang di luar batas. Jika pola makan Anda seperti itu, maka kalori yang masuk pun pasti berlebihan, jauh lebih banyak daripada yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?