Career
Resign Massal

21 Jan 2013



Dalam satu tahun terakhir, hampir 50% staf mengundurkan diri. Saat ditanya masalahnya, mereka menjawab untuk kepentingan keluarga. Namun, perasaan Anda sebagai atasan mengatakan ini bukan alasan yang sebenarnya. Apa yang harus Anda lakukan?

Menurut Konsultan Emilia Jakob, masalah pengunduran diri sebenarnya melibatkan banyak faktor yang cukup kompleks. Coba Anda pelajari, berapa rata-rata tingkat pengunduran diri sebelum satu tahun ini, untuk melihat apakah ada peningkatan yang signifikan atau tidak. Kalau memang ada, coba diingat-ingat lagi, apakah ada perubahan dalam organisasi yang bisa membuat karyawan tiba-tiba menjadi tidak betah.

Untuk dapat mengetahui alasan yang dimiliki oleh para staf memang sedikit lebih sulit. Keterbukaan dapat terjadi kalau kita memiliki hubungan yang dekat dengan mereka. Di sisi lain, staf bisa saja menempatkan diri Anda sebagai wakil perusahaan, dan berdiri pada posisi yang berseberangan dengan mereka.

Cobalah bicara dari hati ke hati dengan staf, bahkan dengan mereka yang sudah resign sekalipun. Saat mereka merasa Anda siap untuk mendengar dan mau memahami situasi yang mereka alami, tentunya akan lebih mudah bagi mereka untuk mengungkapkan isi hatinya kepada Anda.(f)




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?