Food Review
Rela Antre Demi Iga Sapi Penyet

21 Jul 2011

Di Surabaya, sebuah tempat makan tersohor bernama Warung Léko memiliki menu jagoan: Iga Sapi Penyet. Namun, sebelum melahap hidangan yang disajikan, Anda harus rela antre. Penggemar sudah hafal: berdiri manis dulu demi menanti meja kosong untuk menikmati iga masak tradisional nan mantap  ini.

Kini, Warung Léko telah merambah ke Jakarta, salah satunya di Citywalk Sudirman, mal yang menjadi pelarian pekerja kantoran di jam makan siang dan makan malam. Di tangan pemegang franchise Warung Léko ini, lokasi dikhususkan di mal. Selain di sini, terdapat pula di Setiabudi One dan segera di Grand Indonesia.

Resep iga penyet ini ternyata  terlahir dari ide pemilik awal Léko, yang belum menemui iga dalam versi masak gaya Surabaya-an, yakni dipenyet. Sebagai penyuka iga, ia pun meminta sang ibu untuk mengkreasikan sebuah hidangan iga penyet, disertai sambal terasi yang mak nyuss. Iga penyet karya ibu yang nendang inilah yang lalu didedikasikan dalam bentuk resto Warung Léko.

Tiga potong iga diletakkan di cobek, berisi sambal terasi. Di atasnya ditaburi bawang goreng yang melimpah. Warung yang juga laris manis dengan pesanan katering ini memiliki sambal yang bisa dipesan dalam tingkat superpedas, dengan jumlah rawit yang konon mencapai jumlah 20-an! Daging iganya sungguh empuk karena direbus lama. Setelahnya, iga digoreng sebagai pemberi sensasi kulit renyah seperti empal. Uniknya, di sini  iga juga ditemui dalam variasi goreng tepung. Tepungnya gurih, memberi tambahan rasa dan sensasi saat disantap. Selamat mencolek iga dengan sambal yang membakar lidah, dan selamat berpedas ria!

Lokasi: Citywalk Sudirman, Lantai 1, Jl. KH Mas Mansyur No. 121, Jakarta Pusat. Telp: (021) 25558890. Harga makanan*): Rp4.500 (ati ampela goreng)– Rp39.500 (iga hotplate). Jam buka: 10.00 – 22.00 WIB. Suasana: Modern, dipenuhi eksekutif muda. Ruang outdoor khusus cabang Pantai Indah Kapuk.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.

TRIFITRIA S. NURAGUSTINA