Travel
Ready, Travel, Shop!

18 Dec 2015



Berencana liburan di 4 kota surga belanja berikut ini? Tak perlu lintas benua untuk mendapatkan atribut fashion terkini. Pastikan tempat-tempat ini termasuk dalam jadwal perjalanan Anda.

HONG KONG



    Dengan adanya pembebasan pajak barang impor, tidak heran Hong Kong termasuk dalam daftar destinasi belanja favorit di dunia. Siapa yang tak tergiur dengan barang-barang high end dengan harga cenderung miring?

Causeway Bay
Pengalaman belanja di Hong Kong belum lengkap jika Anda tidak menginjakkan kaki di area ini. Dipenuhi dengan pertokoan dan mal, Causeway Bay adalah pusat retail termahal kedua di dunia. Tiga titik utama untuk belanja di area ini adalah Times Square, SOGO Mall, dan Fashion Walk Area.
         Times Square adalah salah satu mal terbesar di Hong Kong yang menawarkan barang level menengah hingga barang mewah yang terdiri dari berbagai merek internasional maupun merek lokal ternama. Mal ini juga memiliki bioskop, supermarket, dan foodcourt.
         Melewati Russel Street dan Kai Chiu Road, Anda akan menemukan SOGO, department store terbesar asal Hong Kong yang menyediakan berbagai barang kebutuhan wanita, pria, dan anak-anak. Jika Anda mencari barang-barang trendi lokal yang menarik dengan harga bersahabat, Anda bisa datang ke  pusat butik dan pertokoan di Kingston Street.

Central
      Sebagai pusat bisnis Kota Hong Kong, Central tak hanya memberikan pemandangan gedung pencakar langit yang modern, Anda juga dapat menemukan outlet internasional, seperti Harvey Nichols, Lane Crawford, hingga merek Abercrombie & Fitch. Rumah mode ternama yang konsisten dengan desain oriental kontemporer asal Cina, yaitu Shanghai Tang, juga berada di area ini.
      Yang membuat daerah ini menarik adalah Hollywood Road, salah satu jalan tertua di Hong Kong. Tidak terlalu jauh dari Central, Hollywood Road menampilkan sisi lain dari Hong Kong yang identik dengan suasana metropolitan. Dimulai dari Central hingga Sheung Wan, Hollywood Road adalah tempat yang tepat jika Anda mencari galeri seni yang menjual barang-barang seni Cina kontemporer, perabotan, dan keramik. Dengan menelusuri Hollywood Road, Anda dapat merasakan kehidupan masyarakat Hong Kong sehari-hari. Ingin menambah koleksi foto di media sosial? Pottinger Street adalah jawabannya.

Tsim Sha Tsui
Tsim Sha Tsui berperan sebagai pusat belanja sekaligus atraksi turis. Canton Road adalah satu jalan yang dipenuhi merek premium internasional, termasuk outlet Louis Vuitton terbesar selain Paris. Bila sudah lelah berbelanja, Anda tinggal melangkah ke Avenue of the Stars (Hollywood Walk of Fame versi Hong Kong), the Space Museum, atau the Science Museum yang letaknya berdekatan.

Mongkok
Anda pencinta baju dan aksesori  murah meriah? Mongkok adalah objek belanja bagi kaum muda dan hipster yang menawarkan berbagai atribut ‘berbeda’ dengan yang tersedia di toko-toko retail. Terletak di Nathan Road yang padat aktivitas, temukan Ladies Market dan Sneakers Street untuk memuaskan ‘nafsu’ belanja Anda tanpa perlu menguras kantong.  Jangan sampai melewatkan kesempatan menambah koleksi kosmetik dengan harga terjangkau di Sasa, toko kosmetik terbesar di Hong Kong.



JEPANG



Di Tokyo, Anda dapat berbelanja apa saja, merek premium hingga barang fashion yang unik, kerajinan tradisional, barang antik, hingga alat elektronik canggih. Kota ini juga berperan sebagai simbol artistik yang tercermin dari galeri seni dan arsitektur modern yang terlihat nyata di seluruh bagian kota.

Ginza
Distrik ini adalah destinasi belanja yang kaya pilihan, ‘rumah’ bagi butik-butik eksklusif dan department store seperti Mitsukoshi dan Dover Street Market Ginza. Rei Kawabuko adalah tokoh yang berhasil menaikkan kembali popularitas Dover Street Market yang sempat menurun dengan buah karyanya di Comme De Garcon. Daripada ‘kebobolan’, siapkan bujet khusus bila Anda tertarik untuk mengunjungi daerah ini.

Harajuku dan Omotesando
Harajuku yang padat dengan butik yang berisi atribut fashion terdepan mengesahkan area ini sebagai hot spot untuk kultur pop dan kiblat berbusana para penikmat mode di Jepang. Lokasi Harajuku bergandengan dengan Omotesando Hills yang menawarkan tak kurang dari 100 merek ternama, seperti Prada, Dior, dan Louis Vuitton yang bersaing lewat arsitektur butik mereka.

Shibuya
Daerah ini sangat populer di kalangan anak muda. Toko fashion kasual yang sudah memiliki tempat di hati para fashionista muda Jepang ini berada di gedung yang dinamakan Shibuya 109. Tak hanya itu,  tiap jalan di daerah Shibuya memiliki ciri khas tersendiri. Koen Dori Avenue adalah tempat Seibu Department Store dan Parco berada, Bunkamura Dori Avenue adalah lokasi dari Tokyu Department Store, sedangkan Spain Zaka Hill Road memiliki kumpulan butik-butik kecil.

Ingin sekadar window shopping? Butik-butik menarik mulai dibuka di Meiji Dori Avenue, menuju daerah Harajaku atau Omotesando. Bila Anda ingin berburu barang-barang vintage, jangan ragu untuk meluncur ke Kichijoji yang terletak di Musashino, Tokyo bagian barat.



KOREA



Tak hanya menimbulkan gaung lewat fenomena K-pop yang mendunia. Perlahan tapi pasti, Seoul mulai membuat mata seluruh dunia menoleh dengan industri fashion yang berkembang pesat.

MYEONGDONG
Saat desainer terkemuka dunia ingin memasuki industi fashion di Korea, mereka akan memulai dengan memperkenalkan karya mereka di Myeongdong. Merek-merek retail terkenal, seperti H&M, Zara, dan Nike tersedia di daerah ini, termasuk juga rumah mode populer lokal Korea. Ada pula Lotte Department Store yang terdiri dari beberapa lantai untuk belanja bebas pajak. Bawa passport dan tiket pesawat Anda untuk penawaran menarik di butik tertentu.

DONGDAEMUN
Busana trendi dengan pilihan tak terbatas dan harga bervariasi tersedia di Dongdaemun Market. Gedung-gedung besar seperti Doota dan Migilore menyediakan ruang bagi industri busana lokal yang berkualitas. Dibuka sejak pukul 9 pagi hingga subuh, para shopaholic akan dipuaskan oleh busana dari berbagai aliran gaya.

EWHA
Yang unik dari pusat perbelanjaan ini adalah lokasinya yang berada di depan EWHA Women’s College. Kaum wanita  yang berkuliah sering kali memiliki bujet terbatas untuk berbelanja, maka dari itu EWHA adalah tujuan sempurna untuk mendapatkan busana dan aksesori dengan harga miring.

GAROSUGIL
Garosugil adalah hot spot teranyar bagi pencinta fashion di Korea. Opsi belanja yang menawarkan karya desainer lokal dan internasional dengan kisaran harga yang bervariasi pula tersedia di area ini. Yang pasti, Anda takkan ketinggalan tren global setelah berbelanja di kawasan yang letaknya tak jauh dari Stasiun Sinsa.



THAILAND



Terkenal dengan  barang-barang yang harganya miring, Bangkok menjadi sasaran kaum wanita ibu kota untuk berbelanja, tak jarang pula untuk dijadikan bahan berjualan. Jangan ragu membawa koper ekstra bila Anda berencana berjalan-jalan ke negara ini.

CHATUCHAK
Berawal sebagai pasar loak di tahun ‘50-an, Chatuchak adalah pasar terbesar di Thailand. Tak kurang dari 5.000 kios yang menawarkan pakaian hingga binatang peliharaan. Pasar ini menjadi salah satu tujuan utama turis yang berkunjung ke Bangkok.

PLATINUM Fashion Mall
Bila Jakarta memiliki Tanah Abang, maka Bangkok memiliki Platinum yang terdiri dari 5 lantai. Makin banyak Anda berbelanja,  makin murah harganya. Tempat ini tak menyediakan ruang ganti, namun Anda akan dibantu dengan alat pengukur untuk memastikan ukuran tubuh Anda.

TERMINAL 21
Anda akan menemukan merek-merek yang cukup familiar di mal yang satu ini. Wajib Anda  kunjungi adalah 44 outlet yang menampilkan busana karya desainer lokal Thailand yang unik. Bila datang hanya untuk melihat-lihat, Anda takkan kecewa karena  tiap lantai didesain menyerupai kota, seperti London, Paris, Roma, Istanbul, hingga San Francisco.

MBK
MBK atau Mahbookkrong dibangun tahun 1985 dan bertahan sebagai salah satu pusat perbelanjaan tertua di Asia. Tak hanya berbelanja pakaian, Anda dapat menemukan barang-barang elektronik dan suvenir untuk dibawa  pulang ke tanah air.

SIAM SQUARE
Ibarat ‘Orchard Road’ di Bangkok, daerah ini tak kekurangan butik untuk pakaian dan aksesori  dengan harga terjangkau.    Makin larut malam, kios-kios di sini makin banyak. Tak hanya pakaian, Anda dapat berwisata kuliner di Siam Square yang selalu penuh dengan pengunjung ini. (f)








 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?