Food Trend
Rahasia Sukses Memasak

11 Apr 2014

TUMIS SAYURAN BERAIR

Pernah mengalami ini? Tumis sayuran menjadi lebih berair padahal hanya menambahkan sedikit air. Penyebabnya bisa jadi karena sayuran yang sudah dicuci, tidak ditiriskan terlebih dahulu sebelum dimasak. Akibatnya, air yang masih tersisa di dalam rongga-rongga sayuran  perlahan keluar saat proses pemasakan. Tiriskan sayuran yang baru dicuci sebelum ditumis.

GULA VS GARAM DALAM ROTI

Gula memiliki sifat membantu kerja ragi di dalam proses fermentasi roti. Umumnya di dalam resep roti, gula akan dimasukkan bersamaan dengan ragi. Namun, garam justru memiliki sifat kebalikan. Proses fermentasi ragi akan terhambat bila garam dimasukkan bersamaan dengan ragi, sehingga roti akan bantat. Itulah alasan mengapa garam dimasukkan di proses akhir pada resep roti.

AU BAIN MARIE COKELAT

Cara ini digunakan untuk melelehkan cokelat masak. Saat melakukan teknik ini, pilih mangkuk stainless steel yang berukuran lebih besar daripada panci yang digunakan untuk merebus air. Ini untuk menghindari dasar dari mangkuk menyentuh air yang tengah dipanaskan. Jangan telalu banyak pula menggunakan air agar tercipta jarak dengan dasar mangkuk. Sebagai bahan yang sensitif terhadap panas, cokelat sangat mudah gosong.

BLANSIR TOMAT

Dapur Indonesia memang tidak umum membuat saus tomat sendiri. Namun, rahasia membuat saus tomat dengan warnanya menarik perlu juga kita ketahui, karena memasak dengan menggunakan tomat bukan hal yang jarang kita lakukan. Siapa tahu juga Anda ingin membuat saus tomat buatan sendiri. Caranya, blansir terlebih dahulu tomat segar sebelum dicincang dan dimasak. Proses ini membuat karotenoid pada tomat lebih keluar karena tidak terikat lagi oleh protein. Blansir juga mempermudah pengelupasan kulit tomat yang tidak diperlukan.

AYAK TEPUNG

Tepung, baik itu tepung terigu, tepung maizena, maupun tepung beras sebaiknya diayak sebelum digunakan. Langkah ini mencegah adanya tepung yang menggumpal atau benda lainnya masuk ke dalam adonan. Bila menggunakan bahan lain yang juga bertekstur halus, seperti maizena, garam, baking soda, dan baking powder, harus pula diayak bersama dengan tepung inti agar tercampur lebih rata ke dalam adonan.  

MENUANG MINYAK PADA MAYONES

Tidak sabar adalah salah satu penyebab gagalnya membuat mayones. Misalnya, minyak yang harusnya dimasukkan sedikit demi sedikit selama proses pengocokan telur, justru dituang sekaligus banyak, sehingga telur dan minyak sulit menyatu. Kebersihan alat juga turut berperan. Peralatan yang digunakan harus bebas dari air.

OVER-MIXED COOKIES

Jangan terlalu lama mengocok lemak (mentega, margarin, dan shortening) dengan gula, karena cookies yang dihasilkan justru akan terlalu mengembang dan melebar. Gula dan lemak sebaiknya dikocok asal rata saja. Kecuali, untuk pembuatan shortbread atau lidah kucing yang membutuhkan lemak dan gula dikocok hingga lembut.

Ketika mencampur bahan kering ke dalam adonan lemak dan gula, lakukan secara bertahap. Aduk dengan sendok kayu atau spatula secara perlahan agar adonan tidak mengeras. Sebaiknya tidak menggunakan mixer untuk menghindari overmixing. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?