Trending Topic
Proyek Akhir Pekan

25 Mar 2015

Tiap Sabtu dan Minggu pagi, Dyah Ekarini (37) bersiap menuju Kemang. Sebagai pendiri Weekend Workshop, ia membuka kelas-kelas kreatif. Beberapa di antaranya, kelas merajut, membuat aksesori, berkreasi dengan tanah liat, paper quilling (seni memilin kertas), kristik, sampai workshop sulap. Muridnya? Dari anak usia 5 tahun sampai usia 30-an.  Dari menyediakan aktivitas untuk anak, sekaligus untuk aktivitas ayah dan ibunya.   

Kesibukan yang sudah berlangsung selama setahunan ini belakangan makin banyak peminatnya. “Banyak orang  yang datang untuk belajar, merasa ingin punya kegiatan guna mengisi waktu luang mereka. Terutama di akhir pekan, mereka ingin mencari aktivitas alternatif supaya enggak konsumtif,” tutur Rini, yang mengatakan, mereka yang datang bukan hanya yang berdomisili di sekitar Jakarta Selatan, tapi ada juga yang datang dari jauh, seperti Bekasi, Bintaro, Serpong, atau Jakarta Utara.  

Rini sendiri mengawali Weekend Workshop dari kegemarannya merajut. “Karena saya bisa merajut, banyak teman yang meminta saya untuk mengajari mereka. Lama-kelamaan, murid yang minta diajari makin banyak. Akhirnya sekalian saja dirutinkan,”cerita Rini, yang dulu sempat kerja kantoran, namun akhirnya memutuskan untuk resign dan full time mengurusi Weekend Workshop.

Selain Weekend Workshop, belakangan banyak bermunculan orang-orang kreatif yang menggelar workshop yang berkaitan dengan seni, prakarya, atau kerajinan tangan di akhir pekan. Sebut misalnya, workshop membungkus kado, membuat scrapbook, membuat handmade tote bag, stensil art (teknik cetak untuk menghias tas), bahkan menenun karpet sendiri.  Semua ada pengajarnya.

Ada yang digelar rutin di tempat tertentu, seperti yang dilakukan Catalyst Art Shop di Kemang, atau komunitas Ramu Ramo Rame dan Tobucil di Bandung, ada pula acara yang diselenggarakan oleh pencinta seni atau komunitas, misalnya yang dilakukan oleh Kitty Manu, serta Nike Prima dan Miranti (dari komunitas Living Loving). Mereka sering diundang menjadi pembicara dan pengajar workshop kreatif. Kegiatan-kegiatan mereka hampir selalu ramai peminat.

Kegiatan kreatif di akhir pekan bukan hanya milik para pencinta kerajinan tangan atau yang sering disebut crafter.  Ada banyak pehobi yang biasanya berkumpul atau belajar di hari Sabtu-Minggu. Misalnya, berkebun, memasak, membuat kue, menari, merangkai bunga, dan banyak lagi lainnya. (f)


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?