Health & Diet
Protein ‘Aman’ untuk Energi Latihan

10 Aug 2011

Diet mungkin kosakata yang utopia bagi kebanyakan wanita. Sebabnya, begitu mudah mengatakan ingin ‘diet’, tapi kenyataannya begitu sulit ‘menjalankannya’. Bahkan, kadang-kadang, cara diet yang telah ditempuh dengan perjuangan, dengan membatasi asupan makanan dan olahraga, juga tak memberikan hasil memuaskan. Apa yang salah?

Olahraga dan pola makan bisa menjadi gambaran  mengapa berat badan tak kunjung turun. Menurut Bobby Ferdian, personal trainer dari Elite Club Rasuna, Jakarta, Anda bisa mengkombinasikan olahraga aerobik (jalan kaki, lari, senam aerobik, berenang, dan lain-lain) dengan latihan beban. Karena latihan aerobik mampu membakar lemak lebih banyak, sehingga lebih efektif menurunkan berat badan.

Selain itu, pola makan juga harus dijaga. Protein memang baik sekali untuk dikonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak dari karbohidrat. Akan tetapi, harus dipastikan bahwa cara penyajian makanan tersebut harus yang sehat. Misalnya, tidak digoreng, tidak terlalu berminyak, tidak banyak mentega, dan tidak terlalu banyak lemak pada dagingnya. Satu hal penting lain, Anda harus minum air putih yang cukup, minimal 2 liter (8 gelas) per hari.

Protein memang baik dikonsumsi saat kita diet, karena tidak memberikan efek peningkatan kadar gula di dalam darah. Sehingga, efek penimbunan kalori dari gula sebagai cadangan energi di tubuh Anda dalam bentuk lemak, bisa diminimalkan. Selain itu, protein dapat digunakan sebagai diuretik alami yang mengeluarkan kelebihan air di dalam tubuh. Hal-hal inilah yang akan memberikan dampak yang baik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?