Career
Promosi Bisnis Wedding Organizer

31 Oct 2011

Anda bingung melakukan promosi karena wedding organizer (WO) Anda masih baru? Jika masih pemula dalam bisnis wedding organizer, sebaiknya Anda tidak mengikuti pameran dulu. Karena, mengikuti pameran harganya cukup mahal.

Hal lain, promosi yang dilakukan berlebihan bagi yang belum berpengalaman akan back fired, karena memperlihatkan ketidakmampuan dan tidak adanya pengalaman Anda dalam menyelenggarakan usaha. Karena, ketika pengunjung ingin melihat hasil kerja WO, Anda tidak akan banyak memperlihatkannya. Akhirnya, pameran ini hanya menguntungkan bagi yang berpengalaman saja, sementara Anda hanya pelengkap penyerta.

Untuk mengembangkan usaha ini, Anda harus memahami dulu bahwa membangun bisnis itu adalah proses. Tidak ada jalan pintas menuju bisnis yang sukses, termasuk bisnis WO.  Untuk mengembangkan usaha lewat promosi, usaha yang paling efektif adalah Anda memberikan gratis kepada pasangan-pasangan yang mau menikah  atau memberikan kepada mereka harga yang sangat murah. Di sini biaya promosi dikeluarkan, dan Anda tidak mengambil untung.

Dari mereka --jika mereka  puas terhadap hasil kerja Anda-- itu akan menghasilkan promosi dari mulut ke mulut. Usaha Anda menjadi dikenal dan diketahui orang. Dengan cara tersebut, ada dua keuntungan yang bisa didapat, yaitu Anda mendapat pengalaman sekaligus mengenalkan usaha. Kalaupun tidak berhasil, customer tidak akan marah karena harganya murah atau malah gratis. Walaupun gratis atau memberi harga yang murah, Anda tetap harus mengerjakan dengan sebaik-sebaiknya.

Untuk promosi ini, kerjakan sekitar 1-2 tahun. Tidak mungkin Anda mendapat pengalaman, kalau baru berjalan beberapa bulan. Setelah lewat waktu tersebut, diharapkan Anda akan mendapat portofolio bagus bagi usaha Anda. Anda pun akan mendapat pembelajaran sekaligus mengatasi kesalahan.

Di masa promosi ini memang Anda harus siap hidup pas-pasan. Yang penting usaha Anda survive. Karena, setelah dua tahun, perlahan-lahan Anda akan mendapat kepercayaan dari para customer. (f)

Anda mau bisnis online? Baca ini dulu!


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?