Health & Diet
Pola Diet Pembelanja yang Murah Hati

23 Jul 2011

Apakah Anda senang menyenangkan hati orang lain dengan mentraktir atau membawakan makanan? Kalau jawabannya iya, kemungkinan Anda adalah tipe pembelanja yang murah hati. Hati-hati, karena gaya belanja ternyata berpengaruh terhadap angka yang ditunjuk jarum timbangan Anda.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan asuransi Legal & General di Inggris, wanita yang pandai mengatur keuangannya cenderung untuk hidup lebih sehat. Ahli nutrisi dan diet dari Komunitas Sehati, Emilia Achmadi, sependapat. “Kuncinya ada pada disiplin diri. Mereka yang disiplin dalam hal keuangan, kemungkinan besar akan disiplin dalam berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat, juga dalam berbagai aspek hidup lain,” paparnya. Karena, meski katanya old habits die hard, bukan berarti tidak bisa disiasati.

Ciri-ciri pembelanja yang murah hati:

Anda paling senang menyenangkan hati dan memanjakan orang lain. Misalnya, ketika memenangkan tender, Anda langsung mentraktir anak buah, dengan membawakan pizza atau mengajak makan-makan di restoran terbaru. Padahal, baru tengah bulan, dan Anda belum membayar tagihan kartu kredit. Atau, saat ditawari menjadi anggota gym, Anda tidak tega menolak. Padahal, Anda tidak punya waktu untuk fitness lebih dari sekali seminggu.

Analisis:
Bisa jadi Anda merasa insecure, dan menyembunyikannya dengan tampil sebagai pribadi yang pasti disukai banyak orang (karena murah hati dan senang mentraktir). Atau, bisa juga Anda memang tipe murah hati yang senang berbagi dengan orang lain. Tapi, yang perlu diingat, persahabatan tidak bisa dibeli dengan uang. Karena itu, jangan mengasosiasikan uang dengan persahabatan, bahkan cinta. Bisa-bisa, Anda justru dimanfaatkan karenanya.     
Solusi:
Bila hati kecil Anda mengakui bahwa Anda memang merasa insecure, perlu mencari cara untuk meningkatkan kepercayaan diri. Misalnya, dengan memanfaatkan kekuatan diri Anda, dan perbaiki kekurangannya. Tanya pada diri Anda sendiri, apakah orang-orang di sekeliling Anda benar-benar menyukai kepribadian Anda, atau uang Anda?

Salah satu cara untuk tampil lebih percaya diri adalah dengan tampilan fisik yang prima. Dan, itu bisa didapat dengan olahraga dan pola makan sehat. Kalau Anda sudah terdaftar di salah satu gym, sudah saatnya Anda disiplin memanfaatkannya. Selain itu, jika Anda pada dasarnya memang senang mengajak teman makan rame-rame, bawakan saja seikat rambutan atau sekantong apel malang. Lebih bersahabat di dompet, dan yang pasti lebih sehat. (f)




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?