Food Review
Poffertjes Ala Bumi Nini

25 Jul 2011

Sekitar empat tahun lalu, wilayah Ciloto, Puncak, terkenal akan salah satu restonya, yaitu Bumi Aki. Tahun ini, kisah suksesnya diikuti oleh sang penerus, yaitu resto Bumi Nini yang berjarak kurang lebih 400 meter dari resto Bumi Aki sebagai pendahulunya. Menu yang ditawarkan juga mirip, menu tradisional khas Sunda.

Nasi timbel komplet menjadi menu perdana yang menemani perjalanan kuliner femina di Bumi Nini. Nasi putih hangat yang pulen yang diselimuti daun pisang ini menjadi teman yang tepat di saat hujan mengguyur kawasan Ciloto siang hari itu. Lauk pendamping berupa tahu bandung goreng, potongan ikan jambal goreng berukuran kecil, dan ayam goreng, menjadikan nasi timbel yang sederhana menjadi kaya rasa.

Cita rasa ayamnya manis dan gurih hingga ke sela-sela tulang. Boleh jadi karena sebelum digoreng, potongan daging ayam diungkep dengan campuran bumbu dan air kelapa selama beberapa jam. Karena menggunakan ayam kampung, maka perlu sedikit tenaga saat menggigitnya. Santap timbel komplet ini bersama sambal terasi merah dan sambal kacang panjang kencur yang segar. Pasti membuat lidah Anda tak ingin berhenti.

Selesai dengan nasi timbel komplet, Ikan Mas Balita Goreng bisa jadi tumpuan lidah selanjutnya, yaitu sepiring ikan mas kecil berukuran telunjuk orang dewasa, yang dibumbui dan digoreng hingga kering. Bagian kulit luar ikan terasa renyah, namun bagian dalamnya lembut. Nikmati ikan mungil kering ini dengan nasi putih hangat, sambal cabai rawit hijau dan bawang putih, serta lalapan segar.

Meski kental dengan sentuhan tradisional Sunda, Bumi Nini juga menyiapkan menu Barat, terutama untuk bagian dessert. Salah satu camilan yang bisa dicicip di sini adalah poffertjes, kue dari adonan tepung terigu dan ragi. Kue ini dipanggang menggunakan panggangan khusus, hingga berbentuk seperti bola kecil berdiameter 3-5 cm. Disajikan dalam keadaan hangat, dengan taburan gula bubuk dan mentega.

Namun, jangan berharap akan menemukan nama poffertjes dalam daftar menunya. Yang tertera justru poporcies. “Karena lebih mudah disebutkan oleh lidah Sunda, Bu,” tutur salah seorang pelayan dengan senyum malu-malu saat ditanyakan. Poporcies anyone?

Lokasi: Jl. Raya Puncak – Ciloto No. 259, Puncak Pass. Telp: (0263) 511259. Harga*): Makanan: Rp7.000 – Rp70.000, Minuman: Rp4.000 – Rp21.000. Jam buka: Setiap hari, pukul 10.30 – 21.00 WIB. Suasana: Resto keluarga hangat perpaduan lesehan Sunda dan cafe country.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.

FOTO: FF.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?