Health & Diet
Pereda Kanker

24 Oct 2012

Tanya:
Saya (25) pernah membaca bahwa penyakit kanker bisa disembuhkan dengan mengonsumsi jus sayur dan buah. Benarkah demikian? Jika memang benar, apakah ada ketentuan khusus mengenai buah apa saja yang bisa dikonsumsi penderita kanker?

Jawab :
Sayur dan buah memang terbukti dapat menurunkan risiko terkena kanker, namun belum terbukti mampu menyembuhkannya secara total. Sebab, ada banyak faktor penyebab kanker yang saling berkaitan.    

Keterkaitan buah dan sayuran dengan kanker diperoleh melalui studi epidemiologi. Melalui penelitian tersebut, didapat kesimpulan bahwa seseorang yang banyak mengonsumsi sayuran dan buah terbukti jarang menderita kanker dibandingkan mereka yang suka makan daging. Para penderita kanker disarankan mengganti dietnya dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah.

Sayur dan buah segar lebih baik daripada yang diawetkan. Mengonsumsi buah secara langsung juga lebih baik ketimbang yang dibuat jus. Namun, tak menjadi masalah apabila Anda lebih menyukai buah dalam bentuk jus. Jika langsung diminum, buah dalam bentuk jus tidak akan kehilangan beberapa kandungan vitaminnya. Yang paling penting, arahkan pikiran dan keinginan hidup sehat dalam diri. Terapkan pola makan seimbang, dengan cara memperbanyak konsumsi sayuran dan buah serta mengurangi makanan berlemak. Semoga selalu sehat!



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?