Sex & Relationship
Penyebab Sakit Saat Menstruasi

24 Apr 2013

Ada sakit luar biasa  tiap kali menstruasi, namun Anda masih ragu memeriksakannya ke dokter kandungan karena belum menikah. Apakah prosedur pemeriksaan untuk yang sudah menikah dan belum itu sama? Menurut seorang teman, biasanya sakit seperti ini akan hilang setelah menikah atau melahirkan. Apakah itu mitos?

Menurut dr. Dwiana Ocviyanti Sp.OG., banyak hal yang bisa menjadi penyebab nyeri saat menstruasi (dismenore). Penyebab umum adalah kondisi fisiologis yang terjadi pada wanita yang belum melahirkan, di mana leher rahimnya masih sempit. Sehingga, ketika menstruasi, uterus harus berkontraksi kuat untuk mengeluarkan darah menstruasi dan menimbulkan rasa sakit. Penyebab lainnya, bisa saja karena adanya tumor (mioma) atau kista yang disebabkan oleh endometriosis.

Jika usia Anda sudah mencapai 25 tahun, sebaiknya lakukan pemeriksaan dini ke dokter kandungan. Tak perlu takut, karena pada wanita yang belum menikah, dokter akan melakukan pemeriksaan pada perut dengan USG untuk melihat kondisi rahim dan indung telur.(f)




 

polling
Pilkada 2017

Pilkada 2017 akan digelar serentak pada tanggal 15 Februari di 101 daerah, 7 provinsi, 18 kota dan 76 kabupaten. Sebelum memberikan suara, yuk, isi polling berikut.

Kota tempat tinggal:
Gender:
Usia:
Pekerjaan:
Pendidikan terakhir:
Dalam setahun terakhir apakah Anda pernah melihat, menonton atau mendengar kampanye calon yang akan ikut pemilihan Kepala Daerah:
Melalui Media kampanye apa yang paling menarik untuk Anda lihat, tonton atau dengar mengenai pemilihan calon pemimpin daerah ( boleh pilih lebih dari satu jawaban):
Pertimbangan apa saja yang membuat Anda memilih seorang calon pemimpin daerah ( boleh pilih lebih dari satu jawaban):
Kriteria figur seperti apa yang menjadi pertimbangan Anda untuk memilih seorang calon pemimpin daerah: (boleh pilih lebih dari satu jawaban) :
Secara umum apa yang Anda harapkan dari kinerja calon yang Anda pilih (boleh pilih lebih dari satu jawaban):
Seberapa besar antusiasme menghadapi PILKADA Feb 2017
Apakah Anda akan menggunakan hak suara Anda dalam PILKADA 2017