Sex & Relationship
Penyakit Menular Seksual

1 May 2013

Anda pernah menikah selama setahun. Belakangan menemukan fakta bahwa ternyata mantan suami pelaku seks bebas. Anda khawatir ia menularkan penyakit kepada Anda. Perlukah melakukan pemeriksaan seperti pap smear, hepatitis, atau lainnya?

Apabila Anda mencurigai pasangan memiliki perilaku berisiko penyakit menular seksual, sangat baik jika Anda melakukan pemeriksaan ke spesialis kandungan. Dokter mungkin akan mengambil sedikit jaringan di leher rahim dan vagina untuk pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan darah juga perlu dilakukan untuk mengetahui kemungkinan Anda terinfeksi virus hepatitis dan HIV.
   
Tidak ada salahnya juga melakukan pap smear, mengingat pemeriksaan pap smear perlu dilakukan oleh wanita yang pernah melakukan kontak seksual. Pemeriksaan pap smear sebaiknya dilakukan 3 tahun setelah kontak seksual yang pertama.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?