Food Trend
Papeda, Maluku: Bubur 'Lem' Segar Bergizi

25 Jul 2012

Dari bubur, ketupat, hingga nasi uduk, semua berbahan dasar utama beras. Hal inilah yang menjadikan papeda istimewa. Menu sarapan khas masyarakat Maluku ini diolah dari tepung sagu, alias ’nasinya’ orang Maluku. Bubur bertekstur kenyal ini disajikan dengan kuah kuning yang dibuat dari kaldu ikan tongkol dengan bumbu rempah-rempah. Sementara itu, rasa asam yang segar didapat dari perasan jeruk nipis yang ditambahkan ke dalam kuah.

Bayangkan, papeda yang bertekstur kenyal dengan kuah asam yang berpadu sempurna dengan daging ikan yang lembut di mulut Anda. Ah! Rasanya tidak sabar untuk menikmati suapan kedua. Cita rasanya yang segar, sangat pas untuk membangkitkan semangat di pagi hari.
Selain tongkol, ada beberapa ikan yang bisa dinikmati dengan papeda, seperti ikan gabus, kakap merah, bubara, hingga ikan kue. Selain kuah kuning dan ikan, bubur papeda juga dinikmati dengan sayur ganemo yang diolah dari daun melinjo muda yang ditumis dengan bunga pepaya muda dan cabai merah. Cubitan rasa pahit dan tekstur bunga  pepaya yang renyah makin memanjakan lidah Anda dengan stok rasa yang istimewa. Selain menjadi menu sarapan khas Maluku, bubur papeda juga merupakan makanan khas saudara kita di Papua. (f)




 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.