Trending Topic
Olimpiade Terhijau

12 Jun 2012


Olimpiade London 2012 ini diklaim sebagai olimpiade terhijau yang pernah dibuat sepanjang sejarah. Sejak memenangkan tender sebagai tuan rumah penyelenggara olimpiade  pada tahun 2005, pemerintah Inggris setidaknya telah menggelontorkan dana sekitar Rp13,7 triliun untuk proyek pembangunan Olympic Park. Dibangun sejak tahun 2008, akhirnya selesai pada Juli 2011 lalu.

Konsep hijau yang dimaksud adalah konsep olimpiade yang sustainable, bahkan sejak dari perencanaan awal. Lokasi Olympic Park seluas 102 hektare ini berada di kawasan Stratford, London Timur. Dulunya merupakan salah satu area industri yang kotor dan terbengkalai.

Sehijau apakah Olympic Park? Sebelum dibangun, tanah lokasi Olympic Park dibersihkan dari kontaminasi minyak dan limbah kimia lainnya. Lebih dari 220 bangunan di atasnya dihancurkan. Daerah sungai dan pinggirannya dibersihkan dari lumpur, kerikil, dan zat polutan lain. Sebanyak 4.000 pohon ditanam dan menjadi lahan hidup bagi ratusan habitat hewan.

Belajar dari Olimpiade Athena dan Beijing, yang menghabiskan dana besar-besaran untuk pembangunan venue olimpiade, namun setelah olimpiade usai, banyak fasilitas yang tidak terpakai lagi. Pihak Locog sudah memperhitungkan rencana lokasi ini di masa depan.
Menurut tim arsitek Olympic Park, konsep sustainable ini diwujudkan, misalnya usai olimpiade, sebagian venue akan dibongkar untuk dijadikan ruang publik dan taman baru. Hanya sebagian saja yang menjadi venue permanen, seperti Velodrome, Aquatic Center, dan Olympic Stadium. Hebatnya, 98 persen pembangunan Olympic Park menggunakan material yang bisa didaur ulang.

Selain taman urban baru dengan venue olahraga terlengkap, wisma atlet baru yang dibangun dengan kapasitas 23.000 orang, nantinya akan menjadi 2.812 rumah tinggal baru untuk publik yang dilengkapi dengan pusat kesehatan, sekolah, dan pusat perbelanjaan. Ini berarti, 75 persen dari dana yang dihabiskan adalah investasi untuk transformasi jangka panjang area tersebut. Olympic Park didesain untuk menjadi salah satu ikon wisata baru di London Timur.

Kesibukan tinggi akan berlangsung selama tiga minggu di London. Diperkirakan akan ada sejumlah 15 juta perjalanan terjadi pada hari-hari sibuk olimpiade. Setidaknya, pada hari H nanti, dalam satu hari  akan ada 800.000 orang pengguna transportasi publik dan sekitar 300.000 pejalan kaki dan pengguna sepeda. Karena itu, sebagai antisipasi, dibangunlah jalur baru khusus sepeda, jalur pejalan kaki, serta menambah jalur kereta api underground tube dan overground

Ficky Yusrini



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?