Health & Diet
Nyeri Di Telapak Kaki

16 Nov 2014


Tulang di bawah kaki saya (32), antara jempol dengan telapak kaki, kerap terasa sakit dan nyeri, terutama saat memakai sepatu hak tinggi atau sedang berlari. Hal ini sudah berlangsung sekitar 6 bulan yang lalu. Apakah bahaya kalau dibiarkan?

Grace - Bandung

Menurut Dr. Kartono Mohammad, tulang yang berada di bawah kaki, antara jempol dengan telapak kaki disebut dengan sesamoid (bola kaki). Kemungkinan Anda menderita sesamoiditis. Hal ini sering diderita oleh para wanita yang biasa memakai high heels atau yang rutin berlari, karena    berat badan bertumpu pada telapak kaki.
Untuk mengatasinya, kurangi melakukan aktivitas pemicu rasa sakit ini. Pakailah sepatu dengan tumit rendah dan sol yang empuk. Pakai bantalan untuk melindungi bagian yang cedera. Ketika beraktivitas, jangan terlalu memberikan beban pada bola kaki Anda. Bila sedang sakit, Anda bisa mengonsumsi ibuprofen atau aspirin untuk mengurangi rasa sakit. Istirahatkan bagian tubuh yang terkena sesamoiditis dan kompres  menggunakan es. Sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis ortopedi.(f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?