Health & Diet
Nyeri Dada dan Lemah Jantung

3 May 2014


Saya (27) sering merasa nyeri di dada kiri atas. Saat mencoba periksa ke klinik pengobatan alternatif, saya dinyatakan menderita jantung lemah. Bagaimana menurut dokter?

Ina - Depok

Menurut Dr. Kartono Mohamad, Penyakit jantung koroner memang dapat menimbulkan nyeri (pegal) pada dada. Tetapi, rasa sakit semacam itu hanya muncul bila pembuluh darah jantung yang terganggu adalah di bagian depan. Jika gangguannya ada pada pembuluh koroner di bagian tubuh lain, nyeri akan muncul di tempat lain.
Namun, selain kemungkinan gangguan jantung, nyeri dada yang Anda rasakan mungkin juga disebabkan oleh gangguan otot sekitar dada. Lemah jantung adalah kondisi otot jantung Sedangkan serangan jantung bisa terjadi pada jantung yang ototnya masih kuat. Sebab, sasarannya pembuluh darah, bukan otot jantung. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung. Melalui tes EKG (elektrokardiografi), kondisi jantung Anda akan dapat diketahui secara pasti. Tes EKG dapat dilanjutkan dengan pemeriksaan tambahan yang dibutuhkan.(f)

Baca juga: Let's Get Moving!



 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.



     
 

Apa yang jadi prioritas Anda di tahun 2019?