Food Review
Nyate di Tengah Deru Sabang

21 Jul 2011

Warung Satai Jaya Agung yang berada di pojokan Jalan Wahid Hasyim ini memang tak pernah sepi. Pengunjung seolah sudah tahu aturan mainnya di sini, yakni setia antre untuk mendapat jatah bangku duduk. Padahal, bisa dibilang, suasananya tidak kondusif untuk jadi tempat bersantap favorit. Meja dan kursinya ditata menempel di tembok jalur pedestrian, dengan atap terpal biru seadanya. Sedikit saja hujan turun, tamu harus rela dibasahi air hujan yang tertiup ke arah mereka. Lokasi padat lalu lintas ini juga memberi ‘bonus’ berupa semerbak asap knalpot kendaraan!  

Karakteristik Satai Jaya Agung tidak sama dengan yang dimiliki kompetitor bermenu sealiran di sekitar Jalan Sabang. Beda dengan Satai Pak Heri, Satai Pak Yusuf, atau Satai Pak Murry, di Satai Jaya Agung terusung gaya satai gagrak Lamongan. Bukan hanya satai ayam atau satai kambing plus lontong atau nasi putih saja, tetapi tersedia juga sup kaki, soto ayam, dan gulai kambing. Sekali gigit, suasana yang tidak kondusif spontan termaafkan.
 
Satai kambing dan satai hati kambing dengan dua pilihan dipping sauce: kacang atau kecap bertabur cabai rawit dan bawang merah. Walau potongan daging kambingnya tidak terlalu besar,  cita rasanya boleh diacungi jempol. Dagingnya lembut, tanpa diiringi aroma prengus. Berbeda ukuran dengan satai daging, satai hati kambing justru berpotongan jumbo. Legit dan layak pesan sebagai variasi cita rasa satai kambing selama ini. Pelayanannya patut dipujikan karena tak lama setelah memesan, hidangan sigap diantarkan ke meja pengunjung. Kemapanan warung yang dibuka sejak tahun 1970-an ini juga terlihat dari pelayannya yang berbusana batik. Mengesankan! (HP)
    
Lokasi: Jl. Wahid Hasyim Raya, di pojokan jalan dekat perempatan Sabang, Jakarta Pusat. Harga*): Makanan:Rp3.000 – Rp22.000. Minuman: Rp1.000 – Rp8.000. Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 – 02.00 WIB. Suasana: Harus berbusana yang nyaman karena hawa di warung makan sederhana ini cukup panas.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?