Health & Diet
MUFA, Diet Tepat untuk Perut Langsing

26 Apr 2012

Lemak yang bagus untuk teman diet adalah mufa, kepanjangan dari monounsatured fatty acid atau asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungannya ada pada:

1. Minyak. Antara lain, minyak kanola, bunga matahari, minyak wijen, biji rami, minyak zaitun, dan sebagainya. Jenis minyak tersebut tergolong dalam lemak tak jenuh tunggal, kaya asam lemak oleat atau omega 9, dan vitamin E. Kandungan lemak jenis ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, yaitu low density lipoprotein (LDL) dan pada saat bersamaan mampu menaikkan kadar high density lipoprotein (HDL) yang dikenal sebagai kolesterol baik.

2. Zaitun. Selain minyaknya, biji zaitun kaya kandungan zat besi, vitamin E, mineral tembaga dan serat, yang bisa mengendalikan kolesterol dalam darah.
 
3. Kacang-kacangan dan biji-bijian. Sumber nutrisi yang bagus untuk protein, tembaga, magnesium, serat, zat besi, vitamin B, dan vitamin E. Biji bunga matahari adalah sumber asam linoleat. Mereka yang mengonsumsi asam linoleat tinggi bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung.
 

4. Avokad. Mengandung lutein tinggi, bagus untuk kesehatan mata, dan menurunkan kandungan kolesterol. Avokad juga kaya akan vitamin K, serat, potasium, dan folat.

5. Dark chocolate. Kaya akan flavanol dan proanthocyanin, zat yang bagus untuk menaikkan HDL atau kolesterol baik.  Terkandung pula tembaga, magnesium, kalsium, dan zat besi.

(Sumber: Buku Flat Belly Diet, Liz Vaccariello dan Cynthia Sass)

Fic
Foto: Dok. Femina Group


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?