Food Trend
Minuman Populer Dunia

1 Feb 2013


Kata up to date ternyata tidak hanya berlaku untuk urusan fashion. Hal serupa juga muncul kala berbicara tentang minuman. Tiap tahun selalu saja muncul tren baru dengan beragam inovasi baru, mulai dari resep hingga peralatan yang digunakan.
Tidak hanya resto dan kafe yang berlomba-lomba menciptakan minuman yang ‘hits’ , tapi juga produsen minuman. Walaupun begitu, tidak semua tren itu bisa berlaku global karena adanya perbedaan bahan baku, musim, serta selera. Namun adapula beberapa pilihan minuman yang mendunia. Penasaran? Mari intip rangkuman genre minuman terpopuler di tahun 2012.


TEH, TIDAK HANYA DI ASIA
Tak salah jika saat ini teh menduduki peringkat dua minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Pasalnya, minuman asal  Asia ini  semakin dilirik oleh dunia Barat.

Khususnya di Amerika dan Kanada, teh hijau makin mantap menapaki tangga popularitas. Disajikan sebagai matcha latte, teh hijau bubuk dicampur susu panas berbuih lembut, sangat cocok dinikmati di sore hari. Bagi penggemar hal yang klasik, cold brew green tea juga diminati. Teh yang diseduh dengan air es ini dipercaya sebagai cara terbaik mendapatkan cita rasa teh yang sempurna.

Lain lagi di Asia. Tren bubble tea kembali marak pada tahun ini. Umumnya diracik dari teh hitam dan teh hijau pekat yang dikombinasikan dengan susu dan sirop. Lalu, disajikan dengan bubble (bola-bola kenyal terbuat dari tepung sagu) atau jeli. Selain itu, flavored ice tea juga selalu dicari. Hampir di semua kafe dan resto, menu seperti mojito ice tea, lychee tea, maupun hibiscus tea jadi minuman teh favorit.



EKSISNYA YOGHURT

Awalnya, yogurt dikenal sebagai bahan makanan yang sehat karena mengandung berjuta bakteri ‘baik’. Belakangan, minuman probiotik ini disulap menjadi minuman gaul. Dibuat lebih cair, bisa dikonsumsi kapan saja, dan semua orang suka.

Banyak sekali gerai yang menawarkan minuman yogurt bermunculan dikota besar dunia, termasuk Jakarta. Salah satu yang menjadi pilihan favorit adalah smoothies. Yogurt campur buah ini tidak hanya pas untuk melepas dahaga tapi juga menyehatkan.
Gelombang tren hidup sehat yang melanda di tahun 2012 ini membuat produsen minuman yogurt impor tak takut rugi berjualan disini.







BIR ANEKA RASA

Munculnya variasi dengan cita rasa yang lebih ringan menjadi kunci sukses bir untuk memasuki dunia wanita. Tren yang paling terasa adalah hadirnya flavored beer, yang terbuat dari draft beer yang dicampur dengan sirop buah (seperti leci, serai, dan kelapa). Karakter bir menjadi lebih feminin.

Mereka yang tinggal di dunia Barat, juga mulai melakoni home brewery. Membuat bir sederhana di rumah bisa dikuasai lewat home brewery kit yang dijual bebas. Isinya msialnya bahan-bahan untuk membuat bir seperti malt, sejumlah hop ( sejenis biji-bijian), dan perkakas racik lainnya. Namun sayangnya, kualitas dari minuman yang dihasilkan tidak selalu standar.





CERITA KOPI


Starbucks Coffee di Amerika Serikat konon berencana membuka 1.500 outlet hingga 2017. Starbuck Coffee di Cina, sebagai pasar kedua terbesar, juga konon akan gencar memasuki kota kecil. Ngopi di kafe modern menjadi lifestyle dunia yang menguat.

Walaupun digempur minuman kopi bergaya fancy, para penikmat kopi asyik belajar dalam aliran back to basic. Menyeruput secangkir kopi hitam kini kembali hip. Mereka pun dimanja dengan kehadiran aneka biji kopi dari region tertentu. Ini menjadikan biji kopi Indonesia kian bergaung di luar negeri berkat tingginya pemahaman mereka akan kehebatan kopi kita.

Salah satu teknik seduh yang menjadi sorotan adalah cold brew. Bubuk kopi disuling dengan air dan es selama 6-12 jam untuk menghasilkan kopi siap minum bercita rasa lembut dan tidak asam. Sedangkan untuk tingkat kematangannya, light roasted coffee beans menjadi pilihan.  'Matang ringan' ini memunculkan karakter asli biji kopi tanpa  terhalau aroma gosong setelah kopi diseduh.






COCKTAIL VS MOCKTAIL

Para bartender dituntut berkreasi lebih ketika meracik mocktail. Mocktail, yakini racikan minuman non-alkohol, tak lagi punya resep sederhana jus buah dan soda, namun bersolek layaknya sang saudara cocktails. Jus segar juga difavoritkan, dibandignkan cara lama yang menggunakan jus kemasan.

Bagaimana dengan kemajuan cokctails? Di sepanjang tahun ini, ada 2 tren yang berlaku di dunia menurut para mixologist. Baik di Indonesia maupun di mancanegara, banyak bartender yang memilih untuk kembali ke resep cocktail klasik. Namun, ada juga yang justru memasukkan unsur molecular gastronomy ke dalam racikan minuman. Jurus ini lebih banyak dipakai oleh para bartender muda, terutama di luar negeri. Cocktail diberikan efek teaterikal dengan penambahan foam, cotton candy, faux caviar (telur ikan buatan), hingga cairan yang dibekukan dengan nitrogen cair.

Untuk yang klasik, banyak bar yang menyajikan minuman-minuman yang ngetop di tahun 1870an, misalnya Tom Collins, Manhattan, dan Julep. Uniknya, walaupun menggunakan bahan dasar yang sama tapi para bartender akan memberikan twist tersendiri. Berupa tambahan spirit (minuman beralkohol yang diperoleh dari proses destilasi) dengan rendaman rempah daun (mint, rosemary, thyme, basil, atau sage), homemade syrup, dan tinctures (ekstrak alkohol dari tanaman).

Kedua, banyak bartender muda justru akan ebrmain di level tersulit, yakni memasukan unsure molecular gastronomy (yang umunya lebih diaplikasikan pada makanan). Cocktail diberikan efek  teatrikal dengan penambahan foam, cotton candy, faux caviar (telur ikan buatan), hingga cairan yang dibekukan dengan nitrogen cair.
Selain itu, dominasi resep cocktail yang dibuat menjadi 'virgin' (tanpa alkohol) juga tetap populer, misalnya Virgin Mary, Raspberry Mule dan Virgin Caipirosa.
  



MINUMAN KEMASAN EKSKLUSIF


Sepanjang tahun 2012 ini banyak perusahaan besar dan juga perorangan yang mulai membuat minuman kemasan ‘gaya baru’.

Beberapa bartender di Amerika Serikat, misalnya. Mereka mulai membuat canned cocktails. Walaupun tidak sama persis dengan yang disuguhkan di bar, tapi minuman ini dibuat versi ringan  dengan kadar alkohol yang lebih sedikit. Tidak hanya itu, banyak pula yang membuat versi dengan penambahan soda.

Minuman kemasan berbasis teh juga mendapat sentuhan baru. Selain dari teh kemasan versi orisinal, beberapa negara juga memproduksi teh dengan padupadan  buah-buahan, seperti stroberi, peach, dan mangga. Adapula yang menambahkan ekstrak acerola (sejenis buah ceri asal Meksiko) dan goji berry.

Sedangkan di negara Arab, yang jadi favorit adalah luxury waters. Air mineral dalam kemasan ini terlahir kembali sebagai minuman eksklusif. Umumnya berasal dari air pegunungan di daratan Eropa dan telah melalui proses destilasi yang rumit sehingga dihasilkan air minum berkualitas prima. Jadi, jangan harapkan harga standar, karena air mineral jenis ini masuk dalam kategori luks.




TAHUNNYA WINE

Layaknya makanan, wine juga terkena imbas dari tren organik dan alami. Wine yang hanya mendapat penambahan zat kimia dalam jumlah yang sangat sedikit ini masih sangat terbatas jumlahnya. Walaupun tentunya telah mendapat tempat di banyak hati para penikmat wine.

Terlepas dari organik atau tidak, beberapa jenis wine juga menjadi kian digemari. Salah satunya adalah Moscato. Berjenis dessert wine  berkarbonasi memiliki jumlah fans yang meningkat di tahun 2012. Yang dulu lebih diminati oleh para wanita, kini pun dicari juga oleh pria. Jenis wine ini juga menjadi favorit untuk para peminum wine pemula karena cita rasanya yang fruity.

Satu lagi yang juga menjadi tren adalah Rosé. Memiliki warna pink hingga salem, bergantung pada jenis anggur dan teknik pembuatan yang digunakan. Khusus di tahun ini, Rosé yang terbuat dari Pinot Noir jadi favorit. Aromanya seperti stroberi dan memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Salah satu yang terbaik kabarnya diproduksi pada tahun 2011 dan 2012.(f)






 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?