Career
Minta Naik Gaji, Mungkinkah?

27 Oct 2011

Anda tentu saja mempunyai hak untuk meminta kenaikan gaji, namun harus jeli melihat situasi dan kondisi. Meminta kenaikan gaji juga harus dipikirkan matang-matang karena mengandung risiko dan konsekuensi. Jika Anda selalu memenuhi target atau berhasil menyelesaikan suatu pekerjaan atau proyek penting dengan hasil yang memuaskan, itu merupakan salah satu momen yang tepat untuk meminta kenaikan gaji.

Namun, ada baiknya sebelum meminta kenaikan gaji, lakukan beberapa hal berikut yang disarankan Nuke Siska Puspita dari Konsultan Experd:
  • Lakukan survei. Cari tahu berapa standar gaji untuk posisi yang sama dengan Anda, namun dari perusahaan yang berbeda. Sehingga, Anda mendapatkan perkiraan berapa gaji yang seharusnya Anda dapatkan.
  • Cek kondisi finansial perusahaan. Apakah perusahaan dalam kondisi yang memungkinkan untuk memberi kenaikan gaji. Dalam kondisi apa biasanya perusahaan akan memberikan kenaikan gaji kepada karyawannya, di luar kenaikan rutin.
  • Cari tahu nilai ‘jual’ Anda. Seberapa ‘berharga’ diri Anda bagi perusahaan. Kontribusi dan prestasi apa saja yang sudah Anda lakukan atau berikan untuk perusahaan.
  • Siapkan data-data pendukung. Cari alasan mengapa Anda pantas mendapatkan kenaikan gaji.
Jika ternyata gaji Anda di bawah pasaran, kondisi finansial perusahaan dalam keadaan yang stabil, dan Anda ‘berharga’ di mata perusahaan, maka Anda bisa menegosiasikan kenaikan gaji. Lakukan strategi ketika negosiasi, berikan alasan yang tepat mengapa Anda pantas mendapatkan kenaikan gaji. Nyatakan kesiapan Anda untuk menerima tanggung jawab lebih besar. Proses negosiasi sebaiknya berlangsung dalam suasana yang menyenangkan. Fokuskan pada apa yang pantas didapat, bukan yang dibutuhkan. Ingatlah bahwa ini adalah sebuah permintaan, bukan tuntutan. (f)




 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?