Money
Merealisasikan Impian

24 Mar 2015

Dengan penghasilan bersih Anda dan suami mencapai Rp20 juta per bulan, ada dana sejumlah 10 juta per bulan yang bisa ditabung atau investasi. Jika ada rencana untuk memiliki rumah dan mobil dalam waktu lima tahun mendatang, jenis tabungan atau investasi apa yang bisa dipilih?

Menurut perencana keuangan Independen, Ligwina Hananto, pilihan investasi sangat bergantung pada profil risiko yang berbeda pada tiap orang. "Untuk apa mengambil risiko lebih tinggi jika dengan menabung saja sudah tercapai? Apalagi dana yang tersedia untuk disimpan  tiap bulan cukup besar," tambahnya.

Yang sekarang bisa dilakukan adalah berkonsentrasi pada down payment rumah. Coba berkeliling dulu ke lokasi rumah yang Anda inginkan. Survei ini penting. Membeli rumah adalah sebuah komitmen besar. Anda perlu 'jatuh cinta' pada rumah yang akan menyebabkan KPR 10-15 tahun ini.

Konsentrasi pada pemenuhan down payment sekitar 30% dari harga rumah. Bagi angka itu dengan 5 tahun, bagi lagi dengan 12 bulan. Anda akan mendapatkan angka setoran menabung per bulan. Jika sekarang memiliki Rp10 juta per bulan, dalam 12 bulan = Rp120 juta. Dalam jangka waktu 5 tahun, dengan menabung saja Anda akan memiliki dana cukup besar untuk down payment rumah. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?