Trending Topic
Merawat Teman Jauh

26 Nov 2014

Tak semudah Anda memencet tombol accept, pertemanan di media sosial bukan hubungan instan yang terbina dalam hitungan detik. Dan, mempertahankan seorang teman itu gampang-gampang susah. Malah ada yang bilang lebih susah daripada menjaga seorang kekasih. Apalagi kita dengan mudah bisa menekan tombol unfriend dan dalam sekejap, kita kehilangan teman.

Sama seperti hubungan kasih, hubungan pertemanan juga perlu dirawat lewat komunikasi terus-menerus. Sesekali kita juga perlu mengorbankan waktu, tenaga bahkan juga materi, alias pulsa (paket data). Tanpa itu, sedikit demi sedikit kita bisa kehilangan teman-teman yang pernah menyapa kita tiap hari dan saling berbagi kabar. Tahu-tahu kita sudah merasa kesepian. Sepi notifikasi.

"Interaksi di internet dan media sosial kini memang berbeda dengan lima atau enam tahun yang lalu. Interaksi online tidak lagi dilihat sebagai sesuatu yang terpisah dari offline," ujar Raymond Godwin, S.Psi, M.Psi, psikolog dari Universitas Bina Nusantara.

Perlakuan yang Anda berikan kepada teman online dan offline pun seharusnya sama. Jika Anda menyapa teman di kantor, teman di media sosial pun perlu disapa. Diselamati saat ulang tahun, dikomentari aktivitasnya, dan sebagainya.

Yang perlu diperhatikan, karena kebanyakan media sosial menggunakan tulisan, sering kali tulisan tidak bisa mengekspresikan perasaan Anda yang sebenarnya dan menimbulkan salah persepsi. Maksud hati ingin memberi pujian, eh malah bikin tersindir. Nasib pertemanan Anda memang di ujung jari.

NURI FAJRIATI



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?