Health & Diet
Menyeimbangkan Otak Kanan dan Kiri

24 Apr 2012

Mungkin Anda pernah dengar, bahwa jika kita mampu menyeimbangkan kerja antara otak kiri dan otak kanan, maka kita dapat menyelesaikan setiap pekerjaan atau memecahkan persoalan dengan lebih mudah. Bagaimana cara melatihnya?

Memang, jika berhasil menyeimbangkan fungsi otak kanan dan kiri, maka akan lebih mudah menangani permasalahan yang ada. Menurut psikolog Tuti Indra Fauziansyah, pada umumnya, fungsi otak kanan lebih banyak berhubungan dengan aspek nonverbal, imajinasi, visual, artistik kreatif, intuisi, sedangkan otak kiri banyak berhubungan dengan aspek verbal, fakta, angka, logika, rasional, analisis. 

Melihat fungsi tersebut, maka jika kita ingin lebih mengaktifkan otak kanan, salah satu bentuk latihannya adalah dengan banyak melakukan imajinasi, berlatih melukis, menari, mendengarkan musik sambil membayangkan suasana yang ada, mengaitkan hal-hal yang tidak berhubungan secara kasatmata. 

Sementara, untuk melatih otak kiri, bisa Anda lakukan dengan mengumpulkan data, berhitung, menyelesaikan kasus secara logis, dan sebagainya. Sebetulnya, perasaan dan logika memang dua hal yang tidak bisa dicampurkan. Yang bisa Anda lakukan adalah menyeimbangkan fungsi keduanya. Dengan begitu, Anda tidak terlalu dingin karena hanya mengandalkan rasio, atau terlalu lembut dan tidak tegas karena terlalu mengandalkan perasaan. Jadi, langkah terbaik adalah menggunakan keduanya sesuai dengan situasi dan permasalahan yang dihadapi. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?