Home Interior
Menjaga Bumi dengan Tanaman Hias

13 Jul 2011

Isu global warming makin marak. Polutan di mana-mana sehingga mengancam kemampuan atmosfer bumi untuk menjaga suhu di bumi tetap hangat. Apa yang bisa kita lakukan?

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah membuat hijau bumi ini, walaupun dengan hal-hal kecil, seperti merawat tanaman hias mini di rumah. Berikut beberapa tanaman hias mini yang bisa Anda rawat di rumah.

Kuping gajah (Anthurium crysstallinum)
Tanaman dari keluarga Anthurium ini tidak menyukai sinar matahari langsung. Media tanamnya pun harus sering disiram agar tanaman tidak cepat layu dan kering.

Kalandiva (Calancoe)
Kalandiva dikenal dengan nama cocor bebek. Warna bunganya kuning, merah tua, oranye, dan pink. Bunganya ada yang bertumpuk dan ada juga yang tunggal. Daunnya yang bulat dan tebal bisa menyimpan cadangan air dalam jumlah banyak sehingga tahan tidak disiram selama beberapa hari.

Lipstik (Aeschynanthus radicans)
Tanaman ini cukup menarik dengan warna daun dan bunganya yang merah cerah atau pink.

Hipoestes (Hypoestes polythyrsa)
Hipoestes merupakan tanaman perdu yang bisa diperbanyak dengan setek batang. Warna daunnya hijau, merah tua, dan pink tampil cantik dengan kombinasi bintik merah muda, merah tua, putih, dan ungu. Sebaiknya disiram tiap hari supaya tidak cepat layu.

Miana (Coleus hybrid)
Kombinasi warna daun miana kontras, seperti merah, ungu, kekuningan, kehitaman, perak, dan pink. Daunnya ada yang berbentuk oval dengan tepi bergerigi, ada juga yang tepinya keriting.

Cryptanthus (Cryptanthus sp.)
Cryptanthus dikenal dengan sebutan earth stars atau starfish plant karena bentuk daunnya yang mirip bintang dengan tepi daun bergerigi atau bergelombang. Warna daunnya beragam dengan kombinasi warna yang mencolok. Cryptanthus merupakan jenis tanaman indoor yang tahan cuaca panas maupun basah dan menyukai suasana teduh.

Jengger ayam (Celosia cristata)
Tanaman ini mempunyai bunga dengan bentuk seperti jengger ayam. Bunganya berwarna merah, ungu, oranye, dan kuning yang tahan hingga beberapa minggu. Bila media tanamnya kering, tanamannya akan cepat layu.

Peplan (Pellionia sp.)
Peplan cocok diletakkan di dalam rumah atau digantung di tempat teduh karena tanaman ini tidak menyukai sinar matahari langsung. Ada dua jenis peplan, yaitu Watermelon pellionia yang berdaun hijau pucat dengan tepi daun hijau perunggu, dan Satin pellionia dengan bagian bawah daun yang berwarna ungu.

Selain merawat sendiri, Anda juga bisa menjadikan tanaman hias mini menjadi souvenir. Suvenir ini akan terlihat eksklusif dan Anda juga sekaligus mengajak banyak orang untuk mencintai bumi lewat tanaman. Jika hendak diberikan sebagai suvenir, kemas tanaman dengan menarik. Cantumkan juga cara perawatannya, sehingga tanaman tetap hidup hingga lama. (f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?