Career
Menjadi Superwoman... Bisa!

8 Sep 2014


Wanita bisa memiliki semuanya, karier sukses sekaligus keluarga bahagia. Untuk mencapai itu, menurut Sheryl Sandberg, kita harus punya manajemen waktu yang efektif. Kita juga hendaknya tidak selalu mengejar kesempurnaan dari apa yang kita lakukan. Bagi Sheryl, rumah dan kantor adalah dua hal yang sama penting. Menjadi orang tua bekerja berarti membuat penyesuaian, kompromi, dan pengorbanan  tiap hari.  Ketika kita berhasil mengatur jadwal pekerjaan sedemikian rupa sehingga bisa pulang tepat waktu dan punya quality time untuk keluarga, produktivitas kita justru akan lebih baik.

“Yang perlu dipahami, kita bisa ambisius tanpa harus membuat kita menyiksa diri sendiri. Bukan mengejar kesempurnaan, akan lebih tepat jika yang kita kejar adalah keberlanjutan karier dan kepuasan diri,” tutur Sheryl dalam bukunya Lean In.

Dalam hal pembagian waktu antara kerja dan mengurus anak, kasus Arianna berbeda dengan Sheryl. Arianna Huffington cukup beruntung. Awal-awal membesarkan kedua anaknya, hingga mereka berusia di atas 10 tahun, Arianna bekerja di rumah sebagai penulis buku. Ia juga mendapat dukungan support system dengan adanya sang ibu yang tinggal serumah dengannya. “Saya percaya dengan keberadaan keluarga besar, dan mereka  bisa sangat membantu,” ujar Arianna dalam bukunya yang berjudul Thrive

Kendati demikian, ia tetap menegaskan, bagi para wanita, di situlah pentingnya revolusi ketiga. Ketika situasi kantor bisa diubah dan kita bisa mengatur pekerjaan secara project based, bukannya 9 to 5, tentu akan lebih banyak wanita yang bisa kembali bekerja. “Yang terpenting bukanlah tentang work life balance, tapi bagaimana kita menjalani hidup kita dengan lebih utuh dan penuh kesadaran,” ujarnya.(f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?