Food Review
Menikmati Gurihnya Sosis Ku'Dam

21 Mar 2012

Apa jadinya orang Jerman tanpa sosis dan roti. Makanan pokok yang akrab ditemui di kios-kios sebagai street food, menemani diri di jalanan dingin Berlin atau Munich. Bayangkan mencocol gurihnya wurst (sosis dalam bahasa Jerman) dengan mustard. Belum lagi kala berdampingan rasa dengan potato salad atau sauerkraut. Sebuah memori masa muda yang membenak pada Jusran Arnan, dan menggerakkannya membuka KuDam Wurst Café,  hasil make over dari kios yang dulunya beroperasi di Plaza Indonesia, sekitar tahun 1990-an.

KuDam, yang diambil dari nama jalan tersibuk di Berlin, Ku’Damm (istilah slang dari Kurfurstendamm), mensuplai sosisnya dari produsen sosis yang meracik resep ekslusif, khusus untuk kafe ini. Sosisnya memiliki aroma smokey yang tak malu-malu karena dibakar dengan teknik flame-grill, bukan di wajan datar. Kenyamanan desain kafe sentuhan arsitek Robert Jusman ini membuat pengunjung makin betah berlama-lama.

“Walau wurst sejatinya meraih sebagian kelezatannya dari lemak babi, KuDam menerapkan kiat masak dan bumbu khusus, agar mendekati rasa asli. “Konsumen bisa tenang karena label halal MUI sudah kami raih,” yakin Jusran.

Primadonanya adalah frankfurter (sosis sepanjang 18 cm) dan bockwurst (ukurannya lebih besar). Keduanya diracik dalam versi daging sapi dan daging ayam. Racikan populer Jeman currywurst, tentu harus dicoba. Tersibak aroma bubuk kari di sela sosis yang smokey dan gurih. Sobek sepotong roti yang menemaninya, nikmati bersama potato salad. Sempurna!
Tak hanya dalam racikan klasik tersebut, modifikasi menu juga dituangkan lewat cita rasa kultur lain. Misalnya Frank n’ Philly Cheesy, yakni frankfurter bertabur keju, dengan hot dog bun gaya Amerika. Bisa juga ditemani saus guacamole-jalapeno. Atau bratwurst ayam yang disertai bumbu teriyaki dan wasabi-mayo.

Pria yang kenyang studi dan pengalaman kerja kuliner di Belanda dan Jerman itu juga tahu betul selera Indonesia. “Ada krakauer, sosis pedas berbumbu cabai bubuk. Pedasnya pas di lidah lokal. Tekstur dagingnya juga lebih kasar,” sambungnya. (IA)

Lokasi: Flavor Bliss Extension Unit A, Jl. Alam Sutera Boulevard, Alam Sutera, Serpong – Tangerang.Telp: (021) 29005048. Jam buka: Selasa – Minggu, 10.00 - 22.00 WIB. Harga: Rp 18.000 – Rp 62.000. Suasana: Tersedia smoking area luar ruang. (f)

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek sebelum bersantap.


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?