Health & Diet
Mengenal Penyakit Kista Baker

30 Mar 2012

Tanya:

Dokter mendiagnosis saya menderita Baker’s cyst ketika memeriksakan gangguan pada sendi lutut yang terasa nyeri. Sebetulnya, apa yang dimaksud dengan Baker’s cyst dan bagaimana mengatasinya?

Jawab:

Baker’s cyst atau penyakit ‘kista Baker’ adalah benjolan pada bagian belakang persendian lutut, yang timbul akibat adanya penumpukan cairan sendi yang ‘bocor’. Cairan sendi yang ‘bocor’ tersebut berkumpul di dalam jaringan pembungkus sendi, sehingga menimbulkan benjolan. Biasanya, penyakit kista Baker terjadi karena peradangan pada sendi (rheumatoid arthritis). Benjolan dan pembengkakan pada bagian belakang persendian lutut dapat dipicu oleh gerakan menekuk lutut yang terlalu keras pada saat terjadi peradangan.     

Pengobatan kista Baker amat tergantung pada kondisi kista tersebut saat ditemukan. Karena itu, lebih baik Anda konsultasikan penanganan yang tepat kepada dokter spesialis tulang, yang memahami seluk-beluk persendian tulang. Selain itu, sebaiknya ada pula koordinasi antara ahli reumatologi dan ahli bedah tulang untuk menentukan jenis pengobatan yang diperlukan.

Prof Dr.dr Perwantyastuti M.SC.SpFK



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?