Sex & Relationship
Menentukan Jenis Kelamin

4 Nov 2014


Saya (28) sudah menikah 6 bulan dan sedang menginginkan bayi laki-laki. Saya sering mendengar bahwa mengatur makanan, suhu tubuh, dan posisi usai bercinta bisa menentukan jenis kelamin bayi. Benarkah?   

Fera – Balikpapan


Menurut dr. Dwiana Ocviyanti Sp.OG, Sampai saat ini belum ada satu pun teknik yang dapat menentukan jenis kelamin, kecuali dengan proses bayi tabung. Karena, bayi tabung bisa menentukan sperma mana yang akan dipertemukan dengan sel telur, sehingga bisa menentukan jenis kelamin anak.
Problem berikutnya, tidak selamanya embrio berhasil ditanamkan. Belum lagi biaya untuk bayi tabung masih sangat tinggi, kira-kira 50 juta per sekali percobaan. Sebagai catatan, satu percobaan belum tentu langsung bisa berhasil. Rasanya kurang etis jika hanya menginginkan jenis kelamin tertentu sampai harus menggunakan bayi tabung.
Terkait mitos yang disebutkan, selama itu tidak mengganggu kesehatan ibu dan anak, silakan dicoba. Tapi, dari segi medis, upaya-upaya itu belum dapat dibuktikan dengan penelitian.(f)



 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?