Money
Memilih Manajer Investasi

30 Dec 2011

Tanya:
Saya baru ingin berinvestasi dalam bentuk saham dan reksa dana. Jenisnya sudah saya sesuaikan dengan profil saya. Tapi, saya bingung memilih institusi pengelolanya, lokal atau asing, konservatif atau moderat?

Jawab:
Sebelum Anda ‘menambatkan hati’  pada satu institusi pengelola investasi (manajer investasi), Anda perlu membandingkan pilihan manajer investasi, dan melakukan perbandingan dari beberapa aspek:
  1. Apakah perusahaan tersebut terdaftar secara resmi di Bapepam-LK dan mendapat lisensi untuk mengelola dana masyarakat;
  2. Kepemilikan dan kualitas manajemen perusahaan;
  3. Berapa lama perusahaan berdiri;
  4. Aset yang dikelola.
  5. Pihak ketiga (bank kustodian, agen penjual, broker) yang bekerja sama dengan perusahaan, dan
  6. Kemudahan akses komunikasi dan informasi bagi investor.    
Berdasarkan faktor-faktor di atas, Anda dapat menyaring 5-10 manajer  investasi yang terbaik. Anda mengatakan, Anda sudah tahu jenis investasi yang cocok untuk profil Anda. Anda perlu membandingkan bagaimana 5-10 manajer investasi terbaik tadi mengelola jenis investasi yang telah Anda pilih. Beberapa faktor yang dapat menjadi perbandingan adalah:
  1. Kinerja produk: apakah baik dibandingkan tolok ukurnya dan tingkat konsistensi dari kinerjanya
  2. Sejak kapan produk diluncurkan
  3. Aset yang telah terkumpul
  4. Jenis pelaporan produk tersebut kepada pihak investor. (f)


 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?